• Senin, 27 Juni 2022

Para Suami Jangan Galau! Inilah 7 Tips Untuk Mengatasi Istri Yang Boros

- Minggu, 19 Juni 2022 | 22:29 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Kehidupan pria lajang dan sudah beristri atau berumah tangga tentu akan berbeda, khususnya masalah keuangan, khususnya jika istri kita boros. Apalagi jika penghasilan suami pas-pasan. Penghasilan yang harusnya cukup menutupi seluruh kebutuhan keluarga bisa jadi gak cukup.

Istri idealnya punya peranan mengelola keuangan keluarga alias jadi menteri keuangan rumah tangga. Bisa dibayangkan kalau istri punya sifat boros.

  1. Bicarakan Permasalahan

Langkah pertama yang sangat penting adalah membicarakan permasalahan yang terjadi. Terkadang istri mungkin gak sadar bahwa kebiasaan borosnya adalah sifat yang buruk dan merugikan.

Emang sih sudah jadi kewajiban suami untuk menafkahi istri. Tetapi jika sudah pada tahap yang berlebihan harus dihentikan. Bicaralah terbuka dengan istri agar ia menyadari kesalahannya dan akhirnya bersedia untuk mulai mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Tinjau Ulang Tagihan Bulan Lalu

Menunjukkan tagihan bulan lalu adalah cara yang efektif untuk memberi tahu istri bahwa kebiasaannya sangat membebani. Terkadang wanita gak menyadari berapa banyak uang yang sudah ia keluarkan untuk berbelanja.

Mungkin harga per barang yang dibayar gak terlalu mahal, tetapi jika dijumlahkan angkanya membuat syok juga. Jumlahkan semua pengeluaran istri yang digunakan untuk hal-hal di luar kewajaran. Setelah menyadari jumlah yang sangat besar baru mungkin istri akan menyadari kesalahannya.

Baca Juga: Bisa Memicu Gas Dalam Perut? 9 Buah Ini Bikin Kita Sering Buang Angin Alias Kentut

  1. Buat Perencanaan Keuangan

Membuat perencanaan keuangan jangka panjang adalah cara yang sangat efektif untuk mengubah mindset seseorang. Mungkin saat ini istri merasa dapat menghambur-hamburkan uang karena gak menyadari betapa besar kebutuhan yang harus dipenuhi di masa depan

Buat perencanaan keuangan yang terperinci sehingga istri dapat melihat proyeksi biaya yang dibutuhkan untuk jangka panjang. Jika sudah melihat betapa besarnya biaya yang dibutuhkan, baru istri akan sadar.

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X