• Kamis, 26 Mei 2022

Langkah Penyelamatan Diri Jika Terjadi Gempa Bumi Megathrust

- Selasa, 18 Januari 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi langkah yang harus dilakukan saat gempa bumi (BMKG)
Ilustrasi langkah yang harus dilakukan saat gempa bumi (BMKG)

TOPMEDIA -Megathrust mengintai Banten dan sekitarnya di bagian selatan karena terjadi pergeseran lempeng tektonik di kerak bumi terus bergerak dalam beberapa hari belakangan. BMKG segera analisis karen dapat menciptakan gelombang seismik besar dari pelepasan energi secara tiba-tiba -- yang kita sebut gempa bumi memicu badai Tsunami.

Dikutip dari berbagai sumber. Selama sejarah Bumi, pergerakan lempeng tektonik telah menciptakan lautan dan menggeser benua, membentuk dunia yang kita lihat sekarang ini. Gempa bumi terjadi di seluruh dunia, tetapi lebih sering dan intens di dekat garis patahan.

Gempa bumi bisa terjadi kapan saja, dan biasanya datang tanpa peringatan. Dengan mempersiapkan diri Anda dan keluarga, sanak, saudara sebelum terjadi gempa, kita dapat meminimalkan risiko cedera dan kerusakan pada rumah.

Baca Juga: Prof Dr Muhammad Quraish Shihab: Doa Itu Separuh dari Keberhasilan

Bagaiman Supaya Kita Tetap Aman Saat Gempa

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga diri dan orang yang kita cintai aman selama gempa bumi. Dalam kebanyakan situasi, kita dapat melindungi diri sendiri jika segera BERPINDAH, LINDUNGI, dan MENUNGGU.

Dalam kebanyakan situasi, kita dapat melindungi diri sendiri jika segera melakukan rekasi sebagai mana berikut:

Jatuhkan ke tangan dan lutut sebelum gempa menjatuhkan kita. Posisi ini melindungi diri kita dari jatuh tetapi memungkinkan untuk tetap bergerak jika diperlukan.

Baca Juga: Sholat Taubat Nasuha Yang Sesuai Anjuran Rasulullah SAW Dan Bacaan Doa Lengkap

Tutup kepala dan leher dan seluruh tubuh jika memungkinkan di bawah meja atau meja yang kokoh. Jika tidak ada tempat berteduh terdekat, rapatkan tubuh ke dekat dinding bagian dalam atau di samping perabotan rendah yang tidak akan menimpa kita, dan tutupi kepala dan leher Anda dengan lengan dan tangan.

Halaman:

Editor: Fuad Fauji

Sumber: BMKG, Akun Twitter BMKG, bmkg.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Menarik Perang Senjata Biologis dan Kimia

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:36 WIB

Jemaah Haji dari Banten Masuk Embarkasi Jakarta

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:00 WIB
X