• Minggu, 23 Januari 2022

Sholat Taubat Nasuha Yang Sesuai Anjuran Rasulullah SAW Dan Bacaan Doa Lengkap

- Senin, 8 November 2021 | 21:56 WIB
Ilustrasi Sholat Taubat. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi Sholat Taubat. (Foto: Shutterstock)

SERANG, TOPmedia - Sholat Taubat Nasuha adalah salah satu sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Makna Sholat Taubat itu sendiri adalah sholat yang dilakukan setelah seseorang melakukan dosa atau merasa telah berbuat dosa, kemudian ingin bertaubat kepada Allah SWT.

Ketika melaksanakan Sholat Taubat artinya menyesal atas perbuatan yang telah dilakukan dan tidak berniat untuk mengulangi perbuatan itu lagi. Oleh karena itu, Taubat Nasuha merupakan permohonan ampun kepada Allah dengan sungguh-sungguh, ikhlas, dan tulus.

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Sebelum melaksanakan sholat sunnah ini, sebaiknya Anda membaca niat terlebih dahulu. Jangan lupa untuk senantiasa berwudhu layaknya melaksanakan ibadah sholat pada umumnya.

Niat Sholat Taubat

Ushalli sunnatat-taubati rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat sholat sunnah Taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

Jumlah rakaat sholat sunnah ini bisa 2, 4, atau 6 rakaat. Adapun doa yang dapat anda lafalkan setelah menunaikan Sholat Taubat adalah sebagai berikut.

Astaghfirullahal ‘azhimal-ladzi laa illaaha illaa huwa hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi taubata ‘abdin zhaalimin laa yamliku linafshi dharran wa la naf’an walaa mautan wa laa hayaatan wa laa nusyuura.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X