• Senin, 27 Juni 2022

Sebelum Berkurban, Kenali Gejala dan Penularan Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Berikut!

- Kamis, 16 Juni 2022 | 20:00 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Pandemi COVID-19 belum sepenuhnya berakhir, masyarakat Indonesia kembali dikejutkan oleh wabah penyakit yang menyerang sapi dan hewan berkuku belah lainnya. Penyakit mulut dan kuku (PMK) diketahui sudah merebak di beberapa daerah.

Tentu wabah penyakit pada hewan tersebut menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Indonesia, khususnya umat muslim yang dalam waktu dekat akan merayakan hari raya kurban. Lantas, bagaimana gejala dari penyakit tersebut? Apakah bisa menular ke manusia? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Dilansir dari Gooddoctor.com, Penyakit mulut dan kuku, atau foot and mouth disease, adalah infeksi virus yang sangat menular pada hewan. Penyakit ini kerap menyerang hewan berkuku belah, seperti sapi, kerbau, unta, domba, kambing, rusa, dan babi.

Virus pemicunya berasal dari famili Picornaviridae dan genus Aphtovirus, dengan serotipe A, O, C, SAT1, SAT2, SAT3, dan Asia1. Penyakit mulut dan babi paling umum terjadi di negara-negara Afrika, Timur Tengah, Asia, dan Amerika Selatan.

Baca Juga: Tampil Awet Muda di Usia 38 Tahun, Inilah Tips Pola HIdup Sehat Ala Luna Maya

Cara penularan

Penyakit mulut dan kuku bisa menular sangat cepat antar hewan. Bahkan, virus dapat menyebar empat hari sebelum hewan yang terinfeksi menunjukkan gejala. Pada umumnya, konsentrasi virus akan lebih tinggi di saluran napas, air liur, lendir, dan kotoran hewan.

Penyakit ini paling sering menyebar melalui pergerakan hewan yang terinfeksi. Benda atau barang yang disentuh oleh hewan juga bisa menjadi medium penularan, misalnya rumput atau jerami.

Sapi adalah hewan yang sangat rentan terkena penyakit ini. Sedangkan babi bisa sangat menular ketika sudah terinfeksi, karena virus yang dikeluarkan memiliki konsentrasi lebih banyak.

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Memilih Makanan Protein Tinggi Untuk Tubuh

Selasa, 14 Juni 2022 | 07:23 WIB
X