• Senin, 27 Juni 2022

Inilah 5 Keutamaan dan Makna Dari Ayat Seribu Dinar, Umat Muslin Harus Tahu!

- Rabu, 15 Juni 2022 | 21:25 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Al Quran adalah kitab suci umat seluruh umat Muslim. Dimana, salah satu kandungan dari Al Quran adalah berisi tentang pedoman hidup yang sesuai dengan ajaran agama islam, yakni menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya.

Dalam Al Quran banyak sekali aya-ayat yang mengandung keutamaan. Diantaranya adalah ayat seribu dinar. Bagi yang belum pernah mendengar ayat seribu dinar, perlu anda ketahui bahwa ayat ini adalah bagian akhir ayat 2 dan seluruh ayat  3 dalam surat At Thalaq.

Dinamakan ayat seribu dinar adalah karena khasiat ayatnya yang konon jika dibaca akan memudahkan kita dalam mencari rizki. Bunyi ayat ini adalah:

و من يتق الله يجعل له مخرجا . و يرزقه من حيث لا يحتسب . و من يتوكل علي الله فهو حسبه .  هن الله بالغ امره . قد جعل الله لكل شئ قدرا .

Artinya:

“Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya Rizki dari arah yang tidak dia duga. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Dia mencukupinya. Sesungguhnya Allah akan mencapai urusanNya, sesungguhnya Allah telah mengadakan bagi tiap-tiap sesuatu ketentuan.”

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! 5 Bahaya Ini Mengintai Anda Yang Sering Minum Soda Saat Haid

Menurut Ibnu Katsir, Maksud ayat “Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya Rizki dari arah yang tidak dia duga” adalah barangsiapa yang bertakwa kepada Allah dengan menjalankan seluruh perintahNya dan menjauhi laranganNya niscaya Dia akan member rizki dari arah yang tidak pernah terbesit dalam hatinya.

Dalam kitab Al Musnad disebutkan dari Muhammad  bin Ali bin Abdullah bin Abbas, dari ayahnya, dari kakeknya, Abdullah bin Abbas, dia berkata: “Rasulullah bersabda:

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X