• Minggu, 3 Juli 2022

Menlu Turki ke Israel, Pertanda Hubungan Sedang Memanas

- Rabu, 25 Mei 2022 | 09:48 WIB
Ilustrasi foto, Turki vs Israel ( Z-Militery )
Ilustrasi foto, Turki vs Israel ( Z-Militery )

TOPMEDIA – Meskipun menemui kebuntuan atas pendudukan Israel di tanah Palestina, Turki dan Israel kembali membuka agenda pembicaraan kedua negara.

Perjalanan menteri luar negeri Mevlut Cavusoglu ke Israel minggu ini akan menjadikannya menteri luar negeri Turki pertama yang mengunjungi Israel dalam 15 tahun terkahir.

Langkah terbaru Turki dalam pemulihan hubungan dengan Israel setelah bertahun-tahun hubungan kedua negara penuh badai.

Baca Juga: Ketegangan Turki dan Yunani Soal Pembelian Pesawat Jet Tempur F-16

Dilansir laman Aljazeera, Mevlut Cavusoglu diperkirakan akan didampingi oleh menteri energi Fatih Donmez, dijadwalkan bertemu dengan perwakilan Israel Yair Lapid pada hari Rabu, sehari setelah mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Palestina.

Kerja sama sektor energi Israel akan menjadi agenda utama. Turki menyatakan kesediaannya untuk kerjasama antara Israel dalam sebuah proyek membawa gas alam Israel ke Turki, dan kemudian berpotensi ke Eropa.

Tetapi masalah yang lebih luas juga diharapkan akan dibahas. Pembentukan kembali hubungan diplomatik di tingkat duta besar, setelah Turki mengusir duta besar Israel pada tahun 2018.

Baca Juga: Alasan Turki Menentang Finlandia dan Swedia Masuk Anggota NATO

Kejadian tersebut menyusul pembunuhan Israel terhadap hampir 60 warga Palestina dalam protes pembukaan kedutaan Amerika Serikat di Yerusalem.

Kedua negara sering bertukar tuduhan atas pendudukan Israel di wilayah Palestina, dan perlakuan buruk terhadap warga Palestina. Kala itu Turki terang-terangan mendukungan Hamas, membuka Jalur Gaza dari diblokade Israel.

Halaman:

Editor: Fuad Fauji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hakim Tunisia Perpanjang Pemogokan Kerja Nasional

Selasa, 21 Juni 2022 | 07:40 WIB
X