Sering Dicukur? 6 Bahaya Ini Mengintai Wanita Yang Sering Mencukur Kumis

- Jumat, 13 Mei 2022 | 22:15 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Tidak hanya tumbuh pada kulit wajah laki-laki, kumis terkadang juga tumbuh pada kulit wajah wanita, hanya saja berbeda dengan laki-laki dimana bulu yang tumbuh lebih tebal, sedangkan wanita hanya bulu halus.

Kendati demikian, ada beberapa wanita yang tumbuh  bulu di wajahnya menyerupai pria. Bulu juga bisa tumbuh di atas bibir wanita di mana kemudian kita menyebut wanita tersebut wanita berkumis. Beberapa penyebab wanita berkumis, antara lain :

Kondisi Hormon – Menurut para ahli, wanita juga memproduksi hormon androgen, yang biasa ada pada pria, dalam jumlah yang lebih sedikit. Hormon ini yang membuat wanita pada awal pubertas menjadi tumbuh bulu di beberapa bagian tubuhnya, seperti pubis dan ketiak. Pada beberapa wanita hormon androgen yang dihasilkan cenderung lebih banyak, sehingga tumbuhlah kumis di wajah hanya saja tumbuh lebih halus.

Keturunan dan Genetik – Segala sesuatu sifat fisik tubuh, merupakan hal yang diturunkan dari orangtua.  Karena pembentukannya berasal dari DNA orangtua.  Tumbuh kumis juga merupakan hal yang diturunkan dari pasangan orangtua, namun hal ini bukan tergolong kelainan genetika.

Baca Juga: Susah Tidur Dimalam Hari? 8 Camilan Ini Bisa Kamu Coba Agar Mudah Terlelap

Bulu yang Sering Dicukur – Wanita yang awalnya tidak memiliki kumis, dapat menjadi memiliki kumis. Mencukur bulu wajah dan kumis merangsang tumbuhnya bulu baru yang lebih kasar dan lebat.  Dan di masa sekarang ini banyak wanita yang mencukur bulu wajah dengan alasan menghindari penyebab penuaan dini atau memiliki efek anti aging. Lebih baik bila ingin menghindari penuaan dini menggunakan makanan sehat untuk kulit awet muda.

Seperti telah dikemukaan sebelumnya, banyak wanita saat ini suka mencukur wajah dengan berbagai alasan. Bagi wanita yang berkumis tentu saja ingin mencukur kumisnya dengan alasan ingin menghilangkannya, walaupun ini hanya berlaku sementara. Beberapa saat, akan tumbuh kumis yang baru. Dan ternyata mencukur kumis memiliki efek atau dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Efek mencukur kumis wanita adalah sebagai berikut.

Tumbuh Kumis Baru

Efek pertama mencukur kumis wanita adalah akan segera tumbuh kumis baru. Kemungkinan tumbuh kumis baru tersebut adalah lebih lebat dan tebal. Namun, tekstur dan warnanya akan sama dengan kumis sebelum dicukur.  Berbeda halnya dengan mencukur bulu kaki, bulu yang baru tumbuh lebih cepat dan tebal bukan?

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X