• Senin, 27 Juni 2022

Wujudkan Bebas Korupsi, DPRD Banten dan Kejati Banten Tandatangan Fakta Integritas

- Kamis, 16 Juni 2022 | 19:34 WIB
penandatangan pakta integritas di Gedung Paripurna DPRD Provinsi Banten, Rabu (15/6) (Tim Topmedia 03)
penandatangan pakta integritas di Gedung Paripurna DPRD Provinsi Banten, Rabu (15/6) (Tim Topmedia 03)

TOPMEDIA.CO.ID - Di tahun 2022 ini, Kejati Banten telah menangani puluhan perkara korupsi di wilayah Provinsi Banten. Guna memerangi korupsi, Kejati dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten, menandatangani Fakta Integritas untuk mewujudkan Provinsi Banten bebas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Kepala Kejati Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan sejak bertugas di Provinsi Banten, dirinya mencatat ada sekitar 21 perkara korupsi di Banten. Menanggapi hal itu, diperlukan adanya kesepahaman dalam pemberantasan korupsi.

"Sudah 4 bulan saya di sini, sudah ada 21 kasus korupsi. Saya sampaikan ketika saya hadir disini, dan saya melihat kasus korupsi disini menjadi perhatian," katanya usai penandatangan pakta integritas di Gedung Paripurna DPRD Provinsi Banten, Rabu (15/6).

Baca Juga: Pertahankan Juara Umum, MTQ Tingkat Kecamatan Purwakarta Diselenggarakan

Leo menjelaskan penyelewengan pada kegiatan-kegiatan di pemerintahan masih rentan terjadinya indikasi korupsi, terutama dalam hal proyek pengadaan barang.

"Masih ada perkara terkait pengadaan barang dan jasa, titip sana titip sini, calo sana-sini. Disini kita komitmen bersama. Saya selaku kejati tidak akan bermain disitu dan menindak tegas mereka,”jelasnya.

Untuk itu, Leo menegaskan perlu adanya komitmen bersama antara penegak hukum dan wakil rakyat, untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintah.

Baca Juga: Realisasi Pendapatan Daerah Pemprov Banten TA 2021 Capai 97,45 Persen, Ini Kata Pj Gubernur Banten

“Dengan pakta integritas lewat rencana aksi ini kita mencoba dengan menciptakan  transformasi, Adaptif, Inivatif, Kolaboratif dan Inklusif. Tentu hal tersebut mustahil diwujudkan tanpa lima unsur tersebut. Dengan kelima elemen itu harus bersama-sama dilakukan oleh elemen dan unsur pemangku kepentingan di Provinsi Banten, khususnya hari ini dengan DPRD Banten sebagai wakil rakyat," tegasnya.

Halaman:

Editor: Febi Sahri Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemilu 2024, PKS Kota Cilegon Targetkan 8 Kursi

Kamis, 26 Mei 2022 | 19:11 WIB
X