• Senin, 27 Juni 2022

Pemprov Banten Percepat Implementasi E- Katalog Lokal

- Kamis, 16 Juni 2022 | 14:31 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Pemulihan ekonomi merupakan salah program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, usai dilanda Pandemi Covid-19.  Salah satu strategi yang akan diluncurkan, mendorong penggunaan produk lokal dalam pembangunan.

“Di bidang ekonomi, untuk pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19, mendorong produk lokal untuk mengisi pembangunan,” kata Penjabat Gubernur Banten, Al-Muktabar usai menerima audiensi pengurus Asosiasi Pemerintahan Desa Se-Indonesia (Apdesi) beberapa waktu lalu.

Hal tersebut, menurut Al Muktabar, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam acara Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Jakarta Convention Center pada Selasa (24/5/2022).  Saat itu, Presiden meminta realisasi pembelian produk dalam negeri harus segera dilakukan.

Atas arahan Presiden Republik tersebut, Al Muktabar mengalokasikan belanja produk dalam negeri sebesra 40% dari APBD  Provinsi Banten tahun 2022. Dikatakan, Pemprov Banten mendorong pemakaian produk lokal melalui penerbitan e-Katalog Lokal dan pemasaran digital melalui market place.

Pernyataan yang sama disampaikan saat Al Muktabar menerima audiensi pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Banten. Saat itu, Al Muktabar mengatakan, pihaknya mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memasukkan produk barang dan jasanya ke e-Katalog Lokal dan market place. “Produk lokal didorong untuk turut mengisi pembangunan Provinsi Banten,” katanya.

Baca Juga: Tangsel Juara Umum POPDA, Pj Gubernur Al Muktabar Optimis Banten Berprestasi pada POPNAS

Sementara itu, usai menghadiri Arahan Presiden kepada Menteri, Kepala Lembaga, Kepala Daerah dan BUMN tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Jakarta, Selasa (24/5/2022), Al Muktabar didampingi Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten M Tranggono memastikan melaksanakan arahan Presiden.

Ia juga mengatakan Provinsi Banten saat ini telah memiliki e-Katalog Lokal, bahkan telah memiliki toko daring dengan nama Plaza Banten (https ://plazabanten.com). Toko Daring ini dibentuk untuk menjembatani para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan khususnya di Provinsi Banten mengembangkan usaha dengan memasarkan produk secara daring untuk dan dari warga Banten.  "Sudah, kita e-Katalog Lokal kita sudah masuk dan juga punya toko daring Plaza Banten," katanya

Selain itu, ia juga menuturkan saat ini pihaknya selalu dan memastikan satu persatu dalam rangka pembelanjaan produk lokal dengan basis pembiayaan dari APBD. "Sudah 40 persen dari belanja modal dan barang/jasa itu sedang kita kawal dan saya akan pastikan satu persatu," imbuhnya. Menurutnya, semakin banyak produk lokal, produk unggulan daerah masuk ke e-Katalog, dan itu akan mentrigger ekonomi daerah.

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dindikbud Banten Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi

Selasa, 30 November 2021 | 18:37 WIB
X