• Senin, 27 Juni 2022

Banyak Dilaksanakan Muslim Indonesia, Inilah Hukum Qurban Untuk Orang Yang Sudah Meninggal

- Kamis, 16 Juni 2022 | 19:00 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Di moment hari raya qurban diantara hal yang banyak kita jumpai di tengah masyarakat Indonesia adalah ada seorang anak yang berqurban untuk orang tuanya yang sudah meninggal.

Selama ini masyarakat khususnya umat Muslim di Indonesia, melaksanakan kurban untuk keluarga yang sudah meninggal dunia sudah menjadi hal biasa, namun sagaimana hukum qurban untuk orang yang sudah meninggal?

Dilansir dari Bincangsyariah.com, hukum Qurban untuk orang yang sudah meninggal

Sebenarnya, bagaimana hukum berqurban untuk orang yang sudah meninggal ini, apakah boleh? Bagaimana fatwa ulama mazhab dalam masalah qurban untuk orang yang sudah meninggal?

Menurut ulama Syafiiyah, berqurban untuk orang yang sudah meninggal, jika sebelum meninggal sudah berwasiat agar dikurbani atau memberikan izin, maka hukumnya boleh. Namun jika pernah berwasiat atau tidak pernah memberikan izin, maka hukumnya tidak boleh.

Baca Juga: Jokowi Telah Resmi Lantik Dua Menteri dan Tiga Wakil Menteri Baru

Namun demikian, banyak di antara para ulama yang membolehkan berqurban untuk orang yang sudah meninggal meskipun semasa hidupnya tidak pernah berwasiat untuk dikurbani atau tidak pernah memberikan izin.

Ini karena qurban termasuk bagian dari bersedekah untuk orang yang sudah meninggal, dan bersedekah untuk orang yang sudah meninggal hukumnya boleh dan pahalanya akan sampai padanya.

Di antara ulama yang membolehkan berqurban untuk orang yang sudah meninggal secara mutlak adalah Abu Al-Hasan Al-Abbadi. Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Al-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ berikut;

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X