• Kamis, 26 Mei 2022

Polri Siapkan Penempatan Personil Merespon Agenda Perpindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur

- Rabu, 19 Januari 2022 | 09:30 WIB
Peta master plan Ibu Kota Negara di Kalimantan (Peta master plan Ibu Kota Negara di Kalimantan)
Peta master plan Ibu Kota Negara di Kalimantan (Peta master plan Ibu Kota Negara di Kalimantan)

TOPMEDIA.CO.ID – Menyusul rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur, Kepolisian Negara Republik Indonesia tengah melakukan persiapan penempatan personel di Kalimantan Timur.

Dilansir dari laman humas.polri.go.id, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan memastikan adanya persiapan itu. Dia mengatakan, persiapan dilakukan di berbagai bidang, termasuk Ops.

“Secara umum pasti ada persiapan, tapi secara detail tidak bisa saya sampaikan. Pasti banyak persiapan, di bidang Ops, tidak mungkin mendadak, pasti itu persiapan pasti ada,” tutur Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (18/1/2022).

Mantan Pamen Bareskrim Polri itu menyebutkan, pihaknya saat ini belum dapat merinci secara teknis pemindahan personel ke Ibu Kota baru. Baik proses pemindahannya, maupun jumlah total personel yang disiapkan.

Baca Juga: Sejarawan JJ Rizal Kritik Nama Nusantara Sebagai Calon Ibu Kota Negara

Diketahui sebelumnya, staf ahli Menteri PPN Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur , Velix Vernando Wanggai menyebut RUU IKN yang tengah dibahas di DPR, menetapkan pemindahan status ibu kota negara Indonesia ke Kalimantan Timur adalah pada semester I/2024. Penetapan tersebut merupakan poin pertama ringkasan substansi RUU IKN.

“Kita tanyakan dulu, itu konsep ada di Asrena, tentu persiapan pasti ada,” kata Ahmad.
Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur Velix Vernando Wanggai

"Seringkali orang bertanya, kira-kira kapan ini [pemindahan ibu kota negara]. Kita merencakan [pemindahan status IKN] pada semester I tahun 2024. Itu adalah aspek pemindahan status ibu kota, di poin pertama," jelasnya. Adapun, pemerintah menargetkan proses pemindahan IKN bisa selesai secara keseluruhan di 2045. Target tersebut sesuai dengan masterplan yang dirancang.***

Editor: Beni Hendriana

Sumber: bappenas.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Menarik Perang Senjata Biologis dan Kimia

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:36 WIB

Jemaah Haji dari Banten Masuk Embarkasi Jakarta

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:00 WIB
X