• Kamis, 26 Mei 2022

Sejarawan JJ Rizal Kritik Nama Nusantara Sebagai Calon Ibu Kota Negara

- Selasa, 18 Januari 2022 | 15:44 WIB
Ilustrasi Ibu Kota Negara ((Foto : Bappenas/ikn))
Ilustrasi Ibu Kota Negara ((Foto : Bappenas/ikn))

TOPMEDIA – Sejarawan JJ Rizal ikut memberikan komentar tentang nama Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menurutnya, berhentilah meracuni orang buat memerangi yang dianggap kurang asli Nusantara.

"Memang ada Jawa yang asli, Sunda yang asli, Batak yang asli dan suku Nusantara yang asli? kata JJ Rizal seperti terlihat topmedia via twitter @JJRizal.

Sejarah JJ Rizal juga menambahkan dalam twittnya bahwa kebencian justru dimulai dari para penyembah kemurnian yang terobsesi kepada yang asli model memicu krisis identitas. Twitt sejarawan JJ Rizal sudah di Retweets1,390 orang.

Pemerintah lewat @BappenasRI telah memastikan pemindahan @ikn_id memenuhi kebutuhan publik dan tantangan masa depan Indonesia. Untuk menerima masukan, tanggapan, dan kritikan substantif yang memperkaya RUU IKN, pemerintah menggelar Konsultasi Publik RUU Ibu Kota Negara di UPN Veteran Jakarta, 28 Desember 2021. Beberapa pembahasan utama di antaranya, model pemerintahan serta tantangan pertahanan dan keamanan di IKN.

Dalam Rapat Panitia Kerja Pansus RUU IKN yang dilaksanakan Senin, 17 Januari 2022, Menteri PPN/Kepala Bappenas @suharsomonoarfa mengumumkan nama Ibu Kota Negara (IKN).

Menteri Suharso menyampaikan bahwa, nama ini sudah dipikirkan sejak lama oleh Presiden RI Menteri Suharso mengumumkan telah mengumumkan secara resmi Ibu Kota Negara diberi nama Nusantara.

Dalam unggahan video media social Bappenas, Suharso awalnya menjelaskan memang nama ibu kota baru Indonesia belum diisi dalam surpres Jokowi. Dia menyebut pihaknya sempat menahan nama itu lantaran belum mendapat konfirmasi oleh Jokowi.

"Mengenai nama ibu kota titik-titik itu, memang semula sudah ingin dimasukkan pada waktu penulisan surpres itu, tapi kemudian ditahan," kata Suharso saat rapat bersama Panja RUU IKN dalam unggahan dokumentasi media sosial.

Suharso mengatakan Jokowi baru saja menyetujui nama ibu kota negara pada Jumat (14/1) yang lalu. Dia menyebut Jokowi setuju dengan nama 'Nusantara'.***

Editor: Fuad Fauji

Sumber: bappenas.go.id, Bapennas Facebook

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenag Kota Cilegon Mulai Bahas Bimbingan Haji

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:19 WIB
X