• Kamis, 26 Mei 2022

Mengintip Sirkuit Mandalika KTT G20 Dengan Berbagai Kelebihanya Serta Diklaim Minim Kejadian Pembalap Jatuh

- Minggu, 16 Januari 2022 | 17:26 WIB
Pengecatan pada sejumlah tikungan Sirkuit Mandalika dengan motif unik yang terinspirasi dari motif ukiran dan tenun ikat khas Sasak. By Instagram @kemensetneg.ri
Pengecatan pada sejumlah tikungan Sirkuit Mandalika dengan motif unik yang terinspirasi dari motif ukiran dan tenun ikat khas Sasak. By Instagram @kemensetneg.ri

TOPMEDIA.CO.ID - Hai sobat semuanya. Sudah tahu belum seputar pembangunan Sirkuit Mandalika berikut berbagai keunikan yang dimilikinya?

Dimana, untuk pembangunan Sirkuit Mandalika sendiri ini diklaim merupakan satu dari lima tempat wisata yang ada di Indonesia yang pekerjaannya dilakukan dengan cara-cara super prioritas dan sengaja dipersiapkan sebagai bagian dari rangkaian KTT G20.

Berbagai keunikan serta fakta menarik lainnya akan kita cobas bahas kali ini.

Dikutip dari halaman kemensetneg.ri Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sendiri direncanakan menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan slide event presidensi G20 sekaligus memperkenalkan Mandalika International Street Circuit (MISC) yang peresmiannya sendiri telah dilakukan oleh Presiden RI Jokowidodo pada 22 November 2021 kemarin.

Dimana, untuk pekerjaan Sirkuit Mandalika sendiri dikerjakan dengan menerapkan teknologi keamanan tinggi, yaitu dengan menerapkan Stone Mastic Asphalt (SMA) yang terbentang disepanjang lintasan sirkuit sepanjang 4,3 kilometer.

Melalui penerapan tersebut, diyakini dapate meminimalisir kejadian para pembalap terjatuh saat berlaga disepanjang trek lintasan meski hujan lebat sedang mengguyur. 

Faktai lain yang cukup menarik adalah, Siskuit Mandalika sendiri pernah mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran pembangunan lintasanya dianggap sebagai yang tercepat di dunia, melihat waktu pekerjaannya yang hanya membutuhkan waktu satu tahun satu bulan saja, selain pembangunannya diklaim sebagai pembangunan sirkuit pertama dengan Standar Federation International de Motocyclisme (FIM).

Tidak sampai disitu saja, fakta unik dari pembangunan Sirkuit Mandalika adalah, ternyata dibeberapa tikungan sirkuit dikerjakan pengecatan kerb dengan motif unik yang terinspirasi dari motif ukiran dan kain tenun ikat khas Sasak serta memiliki memiliki unique selling point karena berlokasi dikawasan wisata dengan landscape pemandangan laut dan bukit. ***

Editor: Deni Kusuma Wijaya

Sumber: instagram @kemensetneg.ri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Menarik Perang Senjata Biologis dan Kimia

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:36 WIB

Jemaah Haji dari Banten Masuk Embarkasi Jakarta

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:00 WIB
X