• Kamis, 26 Mei 2022

Gunung Tonga Meletus, Sapu Bersih Pusat Ibukota Nuku'alofa. BMKG Minta Masyarakat Indonesia Tetap Tenang

- Minggu, 16 Januari 2022 | 18:12 WIB
Vidio kondisi Gunung Tonga Meletus (Febi Sahri Purnama)
Vidio kondisi Gunung Tonga Meletus (Febi Sahri Purnama)

TOPMEDIA - Telah terjadi Letusan Gunung Api di Wilayah Tonga. Di mana letak Tonga? Seperti kita tahu, wilayah tersebut diterjang gelombang tsunami setinggi 1,2 meter, akibat letusan gunung berapi bawah laut baru-baru ini.
 
Berdasarkan informasi dari Twitter infobmkg, Gunung berapi tersebut bernama Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang hanya berada 65 kilometer di utara Ibukota Kerajaan Tonga, Nuku’alofa di samudera Pasifik.
 
Postingan yang baru di Uplod pada pukul 13:15 Wib. Akibat letusan tersebut, pesisir pantai Tonga, Kerajaan Tonga, tersapu oleh gelombang setinggi 1,2 meter. Air pasang hingga menerjang area pusat Ibukota Nuku'alofa.
 
 
"15 Januari 2022 Memicu Tsunami, Tetapi Tidak Berdampak di Wilayah Indonesia," tulis akun Twitter Humas_BMKG, Minggu(16/1/2022).
 
Pada postingan itupun dijelaskan, telah terjadi erupsi gunung api bawah laut di wilayah Tonga pada tanggal 15 Januari 2022 pukul 11:27 WIB dengan koordinat 20,5° LS ; 175,4° BB.
 
"Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa erupsi gunung api tersebut berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Tonga, Papua New Guinea dan Australia," ujar Humas BMKG, melanjutkan postingan.
 
 
Tak sampai disitu, berdasarkan hasil observasi muka laut oleh PTWC, letusan gunung api tsb menimbulkan tsunami di daerah Twofold Bay, Australia pukul 19.05 WIB dgn ketinggian 67 cm & di daerah Lombrum Manus Island, Papua New Guinea pada 15 Januari 2022 pukul 20.00 WIB dgn ketinggian 20 cm.
 
"Berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia," jelasnya.
 
Diketahui, untung saja ancaman tsunami tersebut tidak menimbulkan bahaya di wilayah Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. ***
 

Editor: Febi Sahri Purnama

Sumber: infoBMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Menarik Perang Senjata Biologis dan Kimia

Kamis, 26 Mei 2022 | 10:36 WIB

Jemaah Haji dari Banten Masuk Embarkasi Jakarta

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:00 WIB
X