• Senin, 27 Juni 2022

Wanita Wajib Tahu! 5 Bahaya Ini Mengintai Anda Yang Sering Minum Soda Saat Haid

- Rabu, 15 Juni 2022 | 21:08 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Sudah menjadi kodrat Setiap wanita yakni mendapatkan siklus bulanan menstruasi atau haid. Pada masa ini, wanita akan mengalami berbagai gejala yang dirasa kurang nyaman di badan.

Tanda-tanda haid tersebut antara lain kondisi emosional labil, nyeri perut, pusing, kram perut, bahkan hingga pingsan atau gangguan kesehatan lainya. Ada sebagian wanita yang mengalami gejala-gejala ini secara ringan, namun ada juga yang mengalaminya secara berlebihan. Bahkan hingga menyebabkan dirinya tidak dapat melakukan berbagai aktivitas dengan normal.

Untuk mengatasi hal tersebut banyak mitos beredar seputar haid. Misalnya, wanita yang sedang haid dilarang untuk minum minuman yang dingin. Minuman dingin atau minum es saat haid dipercaya dapat membuat darah membeku hingga mengakibatkan munculnya kista.

Padahal tidak ada hubungan antara minuman dengan pembekuan darah menstruasi. Mitos yang lain adalah untuk memperlancar haid disarankan untuk minum-minuman bersoda. Minum minuman bersoda dipercaya sebagai salah satu cara mempercepat menstruasi.

Akan tetapi tahukah Anda bahwa minuman bersoda justru tidak disarankan untuk dikonsumsi selama masa haid. Dilansir dari Halosehat, berikut adalah beberapa bahaya minuman bersoda saat haid.

Baca Juga: Musim Haji, Ini Jumlaah Jemaah Haji di Banten Pada Tahun 2022

  1. Nyeri Haid Semakin Buruk.

Konsumsi minuman bersoda bukan memperlancar haid, akan tetapi justru memperparah gejala haid yang dirasakan. Kandungan kafein dan gula yang tinggi dalam minuman bersoda berakibat wanita yang sedang menstruasi mengalami nyeri haid yang semakin buruk. Kondisi nyeri yang semakin parah akan membuat wanita tidak bisa beraktivitas normal. Untuk itu sangat penting mengetahui cara mengatasi nyeri haid.

  1. Depresi dan Kecemasan.

Wanita yang haid secara normal pasti akan merasakan kecemasan. Ini adalah salah satu gangguan emosional yang dirasakan pada awal-awal masa menstruasi selain kepala pusing saat haid. Kondisi kecemasan ini ternyata dapat diperparah dengan minum minuman bersoda. Kafein yang berlebih dari minuman bersoda dapat meningkatkan kecemasan hingga mengalami depresi.

  1. Kram Perut.

 Bahaya kafein dalam minuman bersoda karena sifatnya vasokonstrikor. Ini adalah sifat kafein yang justru mempersempit pembuluh darah di dalam rahim. Ketika hal ini terjadi maka dapat akan memunculkan gejala kram perut dan dapat memperparah kram perut. Penyebab kram perut juga dipengaruhi oleh kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda.

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Memilih Makanan Protein Tinggi Untuk Tubuh

Selasa, 14 Juni 2022 | 07:23 WIB
X