Pengguna Internet di Indonesia Meningkat 6,78 Persen, Begini Strategi Terbaik Digital Marketing di Era 4.0

photo author
- Jumat, 3 Februari 2023 | 10:54 WIB
Ilustrasi digital marketing (Foto: tangkapan layar digital marketing)
Ilustrasi digital marketing (Foto: tangkapan layar digital marketing)

TOPMEDIA - Data pengguna internet di Indonesia selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan dari hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), ada kurang lebih 210,03 juta pengguna internet di dalam negeri pada periode 2021-2022.

Dimana Jumlah itu meningkat 6,78% dibandingkan pada periode sebelumnya sebesar 196,7 juta orang. Hal itu pun membuat tingkat penetrasi internet di Indonesia menjadi kurang lebih sebesar 77,02%.

Data dalam indonesiana.id yang dilansir TOPMedia, tingkat penetrasi internet paling tinggi dikelompok usia 13-18 tahun, yakni 99,16%. Posisi kedua adalah kelompok usia 19-34 tahun, dengan tingkat penetrasi sebesar 98,64%.

Baca Juga: Cocok Untuk Lulusan SMA? Lowongan Kerja Operator Produksi PT DENSO INDONESIA Penempatan Cikarang Bekasi

Tingkat penetrasi internet direntang kelompok usia 35-54 tahun sebesar 87,30%. Sedangkan, tingkat penetrasi internet di kelompok umur 5-12 tahun dan 55 tahun ke atas sebesar 62,43% dan 51,73%.

Berdasarkan tingkat pendapatannya, penduduk dengan pemasukan diatas Rp5 juta hingga Rp15 juta paling banyak mengakses internet. Tingkat penetrasinya tercatat sebesar 96,83%. Tingkat penetrasi internet dengan pendapatan lebih dari Rp15 juta sebesar 88,53%.

Kemudian, persentasenya di kelompok dengan pendapatan lebih dari Rp1 juta hingga Rp5 juta sebesar 88,07%. Sementara, kelompok yang pemasukannya kurang dari Rp1 juta paling minim terpapar internet. Tingkat penetrasinya tercatat hanya sebesar 67,46%.

Baca Juga: Catatan Sejarah Peristiwa Besar di Banten Selatan, Rakyat Berjuang Melepaskan diri dari Penjajahan

Dari data tersebut dapat digunakan oleh para pelaku usaha untuk memformulasikan strategi, memetakan pasar, dan menentukan target pasar.

Tentunya dengan melihat data tersebut mereka dapat mengetahui bahwa pasar potensial dari penggunaan internet adalah besar, yang umumnya didominasi oleh masyarakat usia muda dengan tingkat Pendidikan yang relative tinggi.

Dengan demikian, pelaku usaha yang baik dan cerdas harus menyesuaikan diri terhadap kondisi tersebut.

Penggunaan internet saat ini yang sangat pesat di Indonesia dapat menjadikan peluang yang sangat besar. Artinya, pasar yang luar biasa banyak digarap secara online.

Dibawah ini dapat saya tunjukan beberapa jenis dari internet marketing atau pemasaran internet adalah:
- Pemasaran menggunakan situs web yang dioptimasi (SEO);
- Pemasaran menggunakan media social, seperti facebook dan Instagram;
- Pemasaran menggunakan marketplace/lokalpasar;
- Pemasaran menggunakan media iklan berbayar, seperti Google Ads, Instagram Ads, dan

Facebook Ads;
- Pemasaran melalui media chatting, seperti WhatsApp.

Kita harus bisa memilih jenis internet marketing untuk memasarkan produk kita secara individual atau produk dari suatu perusahaan secara organisasi.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X