TOPMEDIA - Data pengguna internet di Indonesia selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan dari hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), ada kurang lebih 210,03 juta pengguna internet di dalam negeri pada periode 2021-2022.
Dimana Jumlah itu meningkat 6,78% dibandingkan pada periode sebelumnya sebesar 196,7 juta orang. Hal itu pun membuat tingkat penetrasi internet di Indonesia menjadi kurang lebih sebesar 77,02%.
Data dalam indonesiana.id yang dilansir TOPMedia, tingkat penetrasi internet paling tinggi dikelompok usia 13-18 tahun, yakni 99,16%. Posisi kedua adalah kelompok usia 19-34 tahun, dengan tingkat penetrasi sebesar 98,64%.
Tingkat penetrasi internet direntang kelompok usia 35-54 tahun sebesar 87,30%. Sedangkan, tingkat penetrasi internet di kelompok umur 5-12 tahun dan 55 tahun ke atas sebesar 62,43% dan 51,73%.
Berdasarkan tingkat pendapatannya, penduduk dengan pemasukan diatas Rp5 juta hingga Rp15 juta paling banyak mengakses internet. Tingkat penetrasinya tercatat sebesar 96,83%. Tingkat penetrasi internet dengan pendapatan lebih dari Rp15 juta sebesar 88,53%.
Kemudian, persentasenya di kelompok dengan pendapatan lebih dari Rp1 juta hingga Rp5 juta sebesar 88,07%. Sementara, kelompok yang pemasukannya kurang dari Rp1 juta paling minim terpapar internet. Tingkat penetrasinya tercatat hanya sebesar 67,46%.
Baca Juga: Catatan Sejarah Peristiwa Besar di Banten Selatan, Rakyat Berjuang Melepaskan diri dari Penjajahan
Dari data tersebut dapat digunakan oleh para pelaku usaha untuk memformulasikan strategi, memetakan pasar, dan menentukan target pasar.
Tentunya dengan melihat data tersebut mereka dapat mengetahui bahwa pasar potensial dari penggunaan internet adalah besar, yang umumnya didominasi oleh masyarakat usia muda dengan tingkat Pendidikan yang relative tinggi.
Dengan demikian, pelaku usaha yang baik dan cerdas harus menyesuaikan diri terhadap kondisi tersebut.
Penggunaan internet saat ini yang sangat pesat di Indonesia dapat menjadikan peluang yang sangat besar. Artinya, pasar yang luar biasa banyak digarap secara online.
Dibawah ini dapat saya tunjukan beberapa jenis dari internet marketing atau pemasaran internet adalah:
- Pemasaran menggunakan situs web yang dioptimasi (SEO);
- Pemasaran menggunakan media social, seperti facebook dan Instagram;
- Pemasaran menggunakan marketplace/lokalpasar;
- Pemasaran menggunakan media iklan berbayar, seperti Google Ads, Instagram Ads, dan
Facebook Ads;
- Pemasaran melalui media chatting, seperti WhatsApp.
Kita harus bisa memilih jenis internet marketing untuk memasarkan produk kita secara individual atau produk dari suatu perusahaan secara organisasi.
Artikel Terkait
Kabar Gembira Untuk Pengguna Kartu Perdana IM3, Mulai Dari Freedom Internet Hingga Akses Streaming
Freedom Internet Streaming Piala Dunia 2022 di Qatar, Ini Promo Pengguna Kartu Tri Dari IOH
Freedom Internet Khusus Prabayar Tri, Nikmati Streaming Piala Dunia 2022 di Vidio
10 Cara Menghasilkan uang dari Internet tanpa modal, bisa menghasilkan 500 ribu sehari
5 cara mudah menghasilkan uang dari internet dengan mudah, 500 ribu sehari
10 cara menghasilkan uang dari internet yang belom banyak diketahui, menghasilkan 500 ribu perhari
Ini loh cara menghasilkan uang dari internet terbaru, fantastis hasilnya
5 cara mudah mendapatkan uang dari internet terbaru, cuan tiap hari
Cara simple mencari uang dari internet terbaru, dijamin cuan
Layanan Internet Indihome dan Telkomsel Gangguan Ini Penyebabnya