TOPMEDIA.CO.ID - Peran pemimpin dalam sebuah perusahaan dan gaya kepemimpinan akan menentukan maju mundurnya sebuah perusahaan, untuk itu seorang pimpinan perusahaan dituntuk untuk memiliki gaya kepemimpinan dan mampu menjadi seorang peimimpian yang baik dan bijaksana, bisa simak tips berikut ini, dilansir dari laman sodexo.co.id.
Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dan Bijaksana
Menjadi seorang pemimpin yang baik dan bijaksana tidaklah sulit. Anda perlu menggali diri lebih dalam untuk menemukan cara memimpin yang sesuai. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana.
1. Temukan Gaya Untuk Memotivasi Tim Anda
Cara menjadi pemimpin yang pertama adalah Anda harus menemukan gaya sendiri untuk memotivasi tim. Memotivasi tim sendiri memang membutuhkan kerja yang cukup berat. Apalagi ketika masalah muncul seiring berjalannya waktu. Kalau sudah begini, Anda jangan langsung mengeluarkan sikap menyalahkan. Itu adalah keputusan emosi yang buruk karena hanya memunculkan masalah baru lainnya.
Baca Juga: Banyak Calon Pemimpin Berkualitas Belum Mencuat, Pengamat : Perlunya Reformasi Politik
Sebaliknya, Anda harus tetap konsisten untuk menerima, mengembangkan, dan meningkatkan hubungan dengan karyawan. Menghadapi tantangan sebagai satu tim adalah salah satu tugas dari kacamata posisi pemimpin. Anda bisa mulai meminta masukan dari bawahan karena itu menjadi salah satu sumber perilaku dan sikap yang baik.
Anda juga bisa memberikan reward untuk memotivasi tim Anda seperti makan bersama sehabis menyelesaikan sebuah proyek besar ataupun memberikan voucher digital seperti Sodexo ePass. Dengan begitu, tim Anda akan merasa lebih termotivasi untuk mengerjakan proyek-proyek berikutnya.
2. Berkomunikasi Dengan Jelas, Profesional, dan Terus-Menerus
Pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan jelas, profesional, dan terus-menerus. Ya, pemimpin tidak bisa hanya berkomunikasi untuk urusan terkait saja. Semua pekerjaan yang ada di dalam tim harus diketahui pemimpin dan wajib dilakukan jalinan komunikasi dengan kriteria yang sesuai. Dampak seringnya berkomunikasi bagi pemimpin dan bawahan pun tergolong luas. Komunikasi mampu menginspirasi dan memotivasi tim Anda dengan maksimal.
Baca Juga: Jangan Mudah Baperan, Rakyat Banten Mencari Sosok Pemimpin
3. Luangkan Waktu Untuk Mengembangkan Karyawan dan Karier Mereka
Tips selanjutnya adalah meluangkan waktu untuk mengembangkan karyawan serta langkah karir mereka. Pemimpin harus bisa menyiapkan karyawan untuk menuju jalan kesuksesan secara pribadi. Berikan mereka bantuan berupa alat atau pelatihan yang memang dibutuhkan agar mereka bisa mencapai potensi maksimal. Dukung setiap individu untuk melihat lebih dalam apa kekuatan mereka dalam bekerja. Selain itu lihat apa yang membuat mereka terus termotivasi dalam bekerja. Dengan informasi yang dimiliki, perintah yang Anda jalankan sebagai pemimpin mampu menghasilkan hasil kerja terbaik dalam aktivitas di kantor.
4. Delegasikan apa pun yang Anda bisa, kapan pun Anda bisa
Pemimpin harus bisa membaca, memahami, dan membangun keterampilan karyawan dengan cara melibatkan mereka dalam setiap tugas. Dengan mendelegasikan kepada setiap karyawan, mereka mampu berkembang lebih baik dalam setiap peran di perusahaan serta karier pribadi. Lingkungan kerja yang ideal memang harus bisa membuat karyawan memaksimalkan kekuatan masing-masing.
5. Ciptakan kemitraan dengan orang-orang Anda
Anda harus bisa membuat karyawan berada dalam lingkungan organisasi yang istimewa. Setiap dari mereka harus merasa benar-benar dihargai. Ciptakan dan tumbuhkan rasa kebersamaan selama berada di dalam tim. Pada akhirnya, mereka bisa bekerja dengan senang hati karena lingkungan organisasi lebih positif dan produktif. Mereka juga merasa sebagai bagian dari komunitas yang terampil serta sukses.
6. Mau Mengakui Kesalahan
Kepemimpinan yang baik harus mau mengakui bahwa ada hal keliru yang pernah dilakukan. Itulah yang wajib dimiliki pemimpin.
7. Memiliki Kemampuan Mencapai Tujuan
Menerima kritik dan saran itu wajib hukumnya. Namun pemimpin juga wajib memiliki kemampuan pribadi untuk mencapai tujuan.
8. Pemimpin Tidak Pernah Lupa Untuk Menghargai
Jangan pernah lupa untuk memberikan penghargaan kepada karyawan yang sudah berhasil mencapai target atau mampu bekerja dengan maksimal.
Artikel Terkait
Jokowi Menilai Ekonomi Banten Akan Kembali Naik Dengan Mudah
Gunung Tonga Meletus, Sapu Bersih Pusat Ibukota Nuku'alofa. BMKG Minta Masyarakat Indonesia Tetap Tenang
Wapres Ma'ruf Amin Kunjungi Korban Gempa di Banten dan Akan Rapat dengan Gubernur Banten
Kontraktor Pembangunan Sarpras SMK Negeri di Lebak Mengaku Tak Di Bayar oleh Pihak Dindik Banten