• Senin, 27 Juni 2022

Hakim Tunisia Perpanjang Pemogokan Kerja Nasional

- Selasa, 21 Juni 2022 | 07:40 WIB
Ilustrasi foto, mogok kerja nasional Hakim Tunisa (@AJEnglish)
Ilustrasi foto, mogok kerja nasional Hakim Tunisa (@AJEnglish)

TOPMEDIA – Hakim Tunisia telah memperpanjang pemogokan nasional mereka untuk minggu ketiga sebagai protes terhadap apa yang mereka disebut "campur tangan" Presiden Kais Saied dalam peradilan.

Presiden Tunisia telah memperketat cengkeramannya pada kekuasaan sejak pembekuan parlemen Juli lalu.

Saied memecat 57 hakim pada 1 Juni, menuduh mereka korupsi dan melindungi “teroris” tuduhan yang menurut Asosiasi Hakim Tunisia sebagian besar bermotif politik.

Baca Juga: Amerika, NATO, dan Uni Eropa Dorong Kiev Serang Perbatasan Rusia

Dilansir Aljazeera, Hakim Tunisia telah menangguhkan pekerjaan mereka di pengadilan pada 4 Juni dan mengatakan keputusan presiden dirancang untuk mengontrol peradilan.

Kepala Hakim muda Tunisia mengatakan, "Para hakim memutuskan dengan suara bulat untuk memperpanjang pemogokan untuk minggu ketiga untuk mengadakan hari kemarahan di mana para hakim akan memprotes di jalan-jalan dengan seragam mereka," kata Mourad Massoudi.

Mourad Massoudi mengatakan anggota hakim telah memutuskan untuk melakukan mogok makan terhadap keputusan untuk memberhentikan mereka.

Baca Juga: Kelangkaan BBM di Amerika Serikat Tertinggi dalam Sejarah, Dampak Perang Rusia-Ukraina

Hakim lainnya, Hamadi Rahmani, membenarkan. Empat serikat hakim menyerukan pemogokan setelah pemecatan massal pada 1 Juni.

Langkah Kais Saied meningkatkan tuduhan di dalam dan luar negeri bahwa dia telah mengkonsolidasikan aturan satu orang setelah mengambil alih kekuasaan eksekutif musim panas lalu.

Halaman:

Editor: Fuad Fauji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hakim Tunisia Perpanjang Pemogokan Kerja Nasional

Selasa, 21 Juni 2022 | 07:40 WIB
X