• Selasa, 4 Oktober 2022

Keren, Emping Banten Bakal 'Mengaspal' di Amerika

- Selasa, 24 Desember 2019 | 07:18 WIB

 

CILEGON, TOPmedia - Buah Manggis asal Banten, terutama dari Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Serang, telah dirasakan oleh rakyat negeri China sepanjang tahun 2019 ini, dengan di eksport nya buah tersebut seberat 91 ton. Bahkan, ada permintaan dari Amerika ke Indonesia, untuk mengirimkan keripik dan emping.
 
"Kalau manggis sekarang 91 ton, tahun depan diharapkan bisa naik lagi. Di eksport hanya ke China dan tanpa kuota. Emping dan keripik juga sudah ada yang minta, Amerika," kata Kepala Balai Karantina dan Pertanian (BKP) Klas II Merak, Raden Nurcahyo, ditemui di Kota Cilegon, Banten, Senin (23/12/2019).
 
Tak hanya itu, balai karantina mengaku pihaknya akan membantu pelaku UMKM untuk memasarkan produknya melalui e-commerce. Sehingga jangkauan produknya lebih luas.
 
Peningkatan produk eksport UMKM tak hanya melalui pelatihan, namun juga dengan berbagai program lainnya, seperti membuat klinik eksport dikantor, website dan juga dibeberapa cafe. Kemudian berkeliling di delapan kabupaten dan kota di Banten, mencari pelaku UMKM yang produknya layak eksport.
 
Pihaknya mengaku tengah tendorong pelaku UMKM untuk memasarkan produknya dengan kualitas eksport. Sehingga memiliki nilai tambah ekonomi. Salah satu syaratnya, harus memiliki sertifikat dari balai karantina.
 
Salah satu cara yang dilakukan BKP, yakni mendorong perusahaan yang ada di Kota Cilegon untuk menyalurkan dana CSR nya ke pelaku UMKM dan memberikan pelatihan ke industri kecil layak eksport.
 
"Balai karantina juga kita libatkan dengan industri yang ada di Cilegon. Kita dorong mereka menyalurkan CSR untuk mendorong eksportir. Kemarin membantu petani manggis di Lebak, Pandeglang dan Serang untuk eksportir," terangnya. (Ydtama/Red)

 

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X