• Senin, 27 Juni 2022

Salah Satunya Berwudhu? 7 Amalan Mudah Ini Ternyata Bisa Menghapus Dosa

- Senin, 20 Juni 2022 | 22:24 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Setiap Muslim pasti tidak luput dari khilaf dan dosa, karena itu banyak umat muslim yang berusaha melakukan amalan-amalan untuk menghapus dosa. Pasalnya, selama kita hidup di dunia, tidak ada satu orangpun yang mampu menghitung dosa-dosanya.

Untuk menebusnya, ada beberapa amalan yang dapat dikatakan mudah untuk dilakukan, tetapi menjadi amalan yang dapat menggugurkan dosa kita.

Salah satu sabda Rasulullah SAW menyebutkan, segala perbuatan dosa sebaik-baiknya selalu diiringi dengan amalan-amalan yang baik agar dosa yang diperbuat gugur. Berikut bunyi haditsnya:

“Bertakwalah kamu di manapun kamu berada. Bila kamu berbuat kejahatan, segera iringi dengan perbuatan baik, sehingga dosamu terhapus lalu pergauliah manusia dengan akhlak yang baik.” (HR. Tirmidzi).

Terdapat amalan-amalan penghapus dosa besar dan kecil yang dapat dilakukan setiap Muslim. Amalan tersebut dilakukan seiring dengan permintaan taubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Baca Juga: Mensukseskan Program Iblis, Inilah Bahaya Merusak Rumah Tangga Oranng lain

Amalan satu-satunya yang menghapus dosa kecil dan besar adalah bertaubat dan memohon ampunan. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran surat An Nisa ayat 110:

وَمَن يَعْمَلْ سُوٓءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُۥ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ ٱللَّهَ يَجِدِ ٱللَّهَ غَفُورًا رَّحِيمًا

“Wa man ya’mal su-an aw yazhlim nafsahu tsumma yastaghfirillaha yajidillaha ghafuran rahima.”

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X