• Senin, 27 Juni 2022

Diampuni Dosa Hingga Mendapat Syafaat? 7 Keistimewaan Doa Setelah Adzan Ini, Wajib Kamu Tahu!

- Kamis, 16 Juni 2022 | 22:15 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Bagi umat Muslim adzan merupakan tanda untuk segera melaksanakan perintah Allah SWT. Karena itu, adzan diyakini memiliki keistimewaan tersendiri dibaliknya.

Apalagi umat islam mempercayai bahwa setiap adzan terdapat doa yang dipanjatkan untuk menjawab adzan. Etika ketika adzan berkumandang salah satu ajaran dari agama islam sendiri dari Rasulullah SAW.

Dilansir dalamislam.com, inilah keistimewaan membaca doa setelah mendengar adzan seperti dibawah ini :

  1. Diampuni Dosanya

Dalam agama islam telah diajarkan bahwa ketika adzan berkumandang diusahakan bagi umat islam untuk berdoa setelah adzan berkumandang. Dengan membaca doa setelah adzan berkumandang maka muslimin yang melaksanakan akan diampuni dosanya oleh Allah SWT. Hadist adalah sebagai berikut :

Barangsiapa membaca ketika mendengarkan sura orang adzan dengan bacaan ( artinya ) : “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba-Nya. Aku rela ber-Tuhan kepada Allah, dan terhadap Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya dan dengan Islam sebagai agamaku”. Maka akan diampunilah dosanya. (HR Muslim).

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Inilah 13 Manfaat Bacaan Potongan Surah Yasin Kun Fayakun

  1. Mendapatkan Syafaat

Keistimewaan membaca doa setelah mendengar Adzan bagi yang melaksanakannya, maka ia akan mendapatkan syafaat (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah pada hari kiamat). Hal ini telah tertuang pada hadis seperti berikut dibawah ini :

Barangsiapa berdoa (membaca) setelah mendengarkan suara adzan (dengan do’a yang artinya) : Ya Allah, Tuhan yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang akan didirikan. Limpahkanlah kepada Nabi Muhammad derajat yang tinggi dan keutamaan, dan bangkitkan-lah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, berhak-lah baginya untuk mendapatkan syafaatku (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah) pada hari kiamat. (HR Bukhari – Muslim).

  1. Mendapatkan keutamaan

Membaca doa sesudah adzan memang membawa keutamaan tersendiri dibaliknya. Namun, keutamaan yang diberikan ini bisa menjadi salah satu keistimewaan membaca doa setelah azan. Berikut dibawah ini hadisnya:

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X