• Senin, 27 Juni 2022

Musim Haji, Ini Jumlaah Jemaah Haji di Banten Pada Tahun 2022

- Rabu, 15 Juni 2022 | 20:46 WIB
pemberangkatan calon jemaah haji asal Kabupaten Serang, Puspemkab Serang, Rabu 15 Juni 2022 (Beni Hendriana)
pemberangkatan calon jemaah haji asal Kabupaten Serang, Puspemkab Serang, Rabu 15 Juni 2022 (Beni Hendriana)

TOPMEDIA.CO.ID - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten, Nanang Fatchurochman mengatakan, total jemaah haji asal Provinsi Banten tahun ini berjumlah 4.291 jemaah dari awal sebanyak 9.461 jemaah.

"Pengurangan kuota tersebut dikarenakan masih adanya pengaruh pandemi Covid-19 sehingga kuota tidak 100 persen. Jumlah tersebut akan dibagi menjadi 11 Keloter. Calon jemaah yang berangkat hari ini termasuk dalam Keloter 22," kata Nanang dalam laporannya pada saat melepas pemberangkatan calon jemaah haji asal Kabupaten Serang, Puspemkab Serang, Rabu 15 Juni 2022.

"Bapak ibu yang berangkat hari ini sudah menjadi waiting list (daftar tunggu) selama 10 tahun. Dan saat ini masih banyak waiting list sekitar 229.700 orang yang akan habis dalam 54 tahun jika mengikuti kuota saat ini. Tapi kalau dari kuota normal bisa berkurang menjadi 27 tahun. Naik signifikan, artinya jumlah masyarakat Kabupaten Serang yang tergolong mampu naik dan kesadaran masyarakat akan kewajiban ibadah haji semakin meningkat,"ujarnya.

Baca Juga: Nikita Mirzani Penuhi Panggilan Polresta Serang, Ini Jawaban Kabid Humas Polda Banten

Peningkatan calon jemaah haji, lanjut Nanang, harus diimbangi dengan pelayanan kepada jemaah. Upaya peningkatan pembinaan ibadah haji secara intensif baik manasik sejak mendaftar hingga berada di tanah suci dan kembali ke tanah air.

"Tahun depan, Insya Allah calhaj asal Banten tidak lagi menggunakan Pondok Gede sebagai asrama haji. Hal ini dikarenakan, Pemerintah Provinsi Banten telah mengalokasikan pembangunan asrama haji khusus Provinsi Banten di Kota Tangerang yang akan mulai dibangun tahun ini," ujarnya.

"Hal ini patut kita syukuri dan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Daerah khususnya Pemprov Banten atas kepedulian yang tinggi dalam pelayanan terbaik kepada para tamu Allah,"tuturnya.***

Editor: Febi Sahri Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X