• Kamis, 11 Agustus 2022

Festival Desa Cikolelet, Hadirkan Seni Budaya hingga Paket Wisata

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 20:49 WIB
Pembukaan festival dilakukan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan berlangsung meriah, Rabu 3 Agustus 2022 (Istimewa)
Pembukaan festival dilakukan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan berlangsung meriah, Rabu 3 Agustus 2022 (Istimewa)

TOPMEDIA.CO.ID - Setelah tertunda akibat pandemi Covid-19, Festival Desa Wisata Cikolelet kembali digelar mulai tanggal 3 hingga 31 Agustus mendatang. 

Pembukaan festival dilakukan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan berlangsung meriah, Rabu 3 Agustus 2022. 

“Festival Desa Wisata Cikolelet ini yang kedua, sebelumnya pernah digelar sebelum pandemi. Sekarang baru dimulai lagi. Potensi di Desa Wisata Cikolelet ini luar biasa, dan masyarakatnya digerakan untuk menyukseskan acara ini,” ujar Tatu kepada wartawan.

Baca Juga: Walikota Cilegon Minta DP3AKB Jadikan Kampung Keluarga Berkualitas

Sekadar diketahui, Desa Wisata Cikolelet merupakan peraih penghargaan Desa Wisata Rintisan dan Desa Wisata Favorit pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Penghargaan tersebut diberikan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno. 

Menurut Tatu, Festival Desa Wisata Cikolelet bukan sekadar seremonial. Wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang asri, berbagai seni tradisional, dan sejumlah suasana yang tidak bisa dinikmati di kota. “Ada berbagai paket pariwisata, dan memanjakan wisatawan yang datang. Berbagai produk UMKM juga tersedia sebagai oleh-oleh,” ujarnya. 

Tatu menyatakan, Pemkab Serang terus mendorong sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengembangkan desa wisata. Untuk desa yang lain, kata Tatu, Kepala Desa Cikolelet Ojat Darojat harus membantu dan menjadi mentor. Apalagi ada 22 desa yang sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata Rintisan.

Baca Juga: DP3AKB Kota Cilegon Resmikan Gapura KPKB

“Pak Ojat harus menjadi mentor para kepala desa yang ingin maju. Agar seluruh desa bisa mandiri secara ekonomi. Jadi bisa menciptakan lapangan pekerjaan di desa. Desa maju dan sejahtera,” ujarnya. 

Halaman:

Editor: Febi Sahri Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X