• Minggu, 23 Januari 2022

DPRD Banten Ali Nurdin: Bunga Pijaman Pemerintah Kepada pemerintah Maksimal 3 Persen?

- Rabu, 28 April 2021 | 21:36 WIB
Anggota Komisi IV DPRD Banten, Ali Nurdin Abdul Gani saat menjadi narasumber bersama Pokja (Kelompok Kerja) Wartawan Harian dan Elektronik Provini Banten
Anggota Komisi IV DPRD Banten, Ali Nurdin Abdul Gani saat menjadi narasumber bersama Pokja (Kelompok Kerja) Wartawan Harian dan Elektronik Provini Banten

SERANG,TOPmedia - Anggota Komisi IV DPRD Banten, Ali Nurdin Abdul Gani mengaku keberatan jika pengenaan bunga pinjaman dari PT. SMI kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten lebih dari tiga persen dari total dana pinjaman yang diajukan.
 
Menurutnya, ketentuan tersebut telah diatur. Dimana, mekanisme pinjaman secara Govermen to Govermen (G to G ) tidak lebih dari tiga persen. Untuk diketahui, Pemprov Banten terpaksa harus mengajukan pinjaman dana kepada PT.SMI sebesar Rp 4,9 triliun akibat perlambatan ekonomi yang ditimbulkan oleh pendemi covid-19. 
 
Dimana, pada APBD perubahan 2020 kemarin, Rp 800 miliar telah kucur, sedangkan sisanya Rp 4,1 triliun lagi direncanakan akan kucur tahun 2021, sebagaimana telah diparipurnakan pada APBD Provinsi Banten tahun 2021, Rp 4,1 triliun pinjaman dari PT.SMI akan digunakan untuk membiayai sejumlah pembangunan infrastruktur dilingkungan Pemprov Banten.
 
Sementara itu, berdasarkan surat yang dilayangkan Gubernur Banten, Wahidin Halim kepada DPRD Banten, Gubernur mengajukan tiga opsi pilihan yang akan diambil. Antaranya akan tetap melanjutkan pinjaman, hanya meminjam sebagian hingga membatalkannya. Dimana, dari ketiga opsi tersebut  Pemprov Banten tetap dikenakan bunga pinjaman sebesar 6,9 persen dari total dana pinjaman yang diajukan. 
 
Akibat kejadian itu, sampai saat ini Pemrov Banten masih pikir-pikir, apakah akan telanjutkan pinjaman atau membatalkannya, khawatir akan membebani APBD Provinsi Banten pada tahun-tahun selanjutnya.
 
"Saya keberatan, jika bunganya sampai enam persen, setahu saya, G to G itu tidak lebih dari tiga persen bunganya," kata Alinurdin, usai menggelar acara Pojok aspirasi antara DPRD Banten bersama Pokja wartawan harian dan elektronik Provinsi Banten, di taman aspirasi, KP3B, Kota Serang, Rabu (28/4/2021).
 
Lebih jauh Ali Nurdin mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh, total bunga pinjaman yang  harus dibayarkan Pemprov Banten kepada PT.SMI nilainya mencapai Rp 1,6 triliun dengan jangka waktu pinjaman selama delapan tahun.
 
Dengan asumsinya, selama delapan tahun tersebut  Pemprov Banten hanya dikenakan bunga pinjaman Rp 200 miliar setiap setiap tahunnya.
 
Meski begitu,  saat disinggung mengenai aturan yang menetapkan pinjaman secara G to G maksimal hanya dikenakan sebesar 3 persen tersebut, pihaknya masih belum menjawab, dikarenakan saat diwawancara pihaknya sedang buru-buru.(Den/Red)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Dewan Minta Pemprov Lebih Siaga Bencana

Kamis, 16 Desember 2021 | 19:46 WIB
X