• Rabu, 30 November 2022

3 Cara Beralih Ke Siaran TV Digital Lengkap Cara Beralih Dari TV Analog Ke Siaran TV Digital

- Kamis, 17 Maret 2022 | 06:48 WIB
Berikut ini 3 cara beralih ke siaran tv digital dari sebelumnya siaran tv analog lengkap cara beralih ke siaran tv digital
Berikut ini 3 cara beralih ke siaran tv digital dari sebelumnya siaran tv analog lengkap cara beralih ke siaran tv digital

Berikut 3 cara beralih ke siaran tv digital lengkap  cara beralih  dari TV Analog ke siaran TV digital.


Dengan beralih ke siaran tv digital, masyarakat akan semakin banyak mendapat manfaat, dibandingkan saat masih memanfaatkan siaran tv analog untuk selanjutnya beralih ke siaran tv digital.


Mulai dari kualitas suara dan gambar pada siaran tv digita yang lebih bersih dan jernih, bisa mendapatkan informasi kebencanaan melaalui fitur EWS pada siaran tv digital, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Beralih ke TV Digital, Berikut Cara Lengkap Merubah Siaran TV Analog ke TV Digital


Agar bisa menyaksikan siaran tv digital dengan menggunakan tv analog, caranya pun cukup mudah.   

Berikut 3 cara beralih ke siaran tv digital lengkap cara beralih  dari TV Analog ke siaran TV digital :

1.    Pertama adalah memeriksa pesawat televisi masing-masing. Lakukan scanning ulang program siaran.
Pesawat televisi yang sudah ada tuner standar DVBT2 di dalamnya, otomatis televisi digital bisa menangkap dan menayangkan program-program siaran TV Digital.

Baca Juga: Siaran TV Digital Mulai Diterapkan 30 April 2022 di 166 Daerah! Ini Cara Mengubah Siaran TV Analog ke Digital


2.    Setelah lakukan pindai (scanning) ulang program, dan siaran yang ada di televisi masih sama dengan sebelumnya, berarti pesawat televisi masih analog.
Ingat, siaran TV Digital itu gambarnya benar-benar bersih dan suaranya canggih. Jadi bila gambarnya masih sama dengan sebelumnya, bisa dipastikan siaran TV digital belum tertangkap.

3.    Pesawat TV analog memerlukan alat tambahan bernama Set Top Box (STB) DVBT2 agar bisa menangkap sinyal TV Digital. Setelah STB dirangkaikan dengan televisi lama atau tabung, siaran TV digital akan tertangkap di pesawat televisi.

Satu hal perlu mendapat perhatian masyarakat yaitu pastikan saat membeli STB atau pesawat televisi digital ada keterangan produk telah tersertifikasi Kementerian Kominfo. Tanda sertifikasi memberikan jaminan kesesuaian teknologi, spesifikasi teknis dan keamanannya. Bila teknologi atau spesifikasi teknisnya berbeda, perangkat tersebut belum tentu bisa menangkap siaran TV Digital di Indonesia secara optimal.

Halaman:

Editor: Deni Kusuma Wijaya

Sumber: siarandigital.kominfo.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Link Nonton Live Streaming SCTV, Denmark vs Tunisia

Selasa, 22 November 2022 | 18:41 WIB

Sinetron SCTV Sore Hari, Tajwid Cinta Episode 4

Kamis, 10 November 2022 | 17:32 WIB
X