• Jumat, 28 Januari 2022

Atasi Sampah Pesisir Anyer, Bank Sampah Digital Gandeng PT Chandra Asri

- Kamis, 13 Januari 2022 | 20:03 WIB
Ilustrasi (HiTekno.com/ Ema Rohimah)
Ilustrasi (HiTekno.com/ Ema Rohimah)

SERANG, TOPmedia - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk menggandeng Bank Sampah Digital (BSD) berupaya untuk mengatasi permasalahan melalui edukasi mengenai pemilahan serta menginisiasi aktivitas bank sampah di wilayah Anyer.

Hal itu dilakukan, karena banyaknya sampah yang menumpuk di pesisir Anyer mayoritas berasal dari sampah rumah tangga yang tidak dikelola dengan baik sehingga hanyut ke sungai dan laut.

Selain itu juga, minimnya pengetahuan masyarakat mengenai pemilahan sampah juga turut berkontribusi pada permasalahan sampah di pesisir Anyer.

Government Relations & Circular Economy Section Manager PT. Chandra Asri, Donny Adolf mengatakan, bahwa pengumpulan dan pemilahan sampah merupakan kunci dari terbentuknya sistem pengelolaan sampah yang baik dengan konsep economy circular.

"Chandra Asri sebagai perusahaan terus berkomitmen untuk mendampingi masyarakat dalam program ini. Harapannya agar masyarakat lebih mandiri dan berdaya saing, lebih sejahtera, sampah terkelola dengan baik dan juga mendukung program pemerintah untuk mengurangi kebocoran sampah di laut," ujar Donny Adolf kepada awak media, Kamis (13/1/2022).

Menurutnya, aktivitas bank sampah ini telah dimulai sejak awal Agustus 2021 yang didukung dengan proses edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat pesisir Anyer. Hingga kini, jumlah partisipan telah mencapai 200 KK yang tersebar di sembilan wilayah yang berada di Anyer.

Ia menjelaskan, berdasarkan data statistik di lapangan, terjadi peningkatan pemahaman masyarakat terkait pemilahan sampah yang juga dibuktikan dengan keikutsertaan masyarakat pada program penanganan sampah melalui BSD ini. Selama empat bulan berjalan, sampah kering yang berhasil dikelola sebanyak 4,6 ton.

"Untuk sampah yang terdiri dari sampah plastik, kertas, beling, logam, minyak jelantah akan di tukar menjadi tabungan rupiah, sedangkan untuk multilayer akan di proses di Industri Pengelolaan Sampah Terpadu ASARI binaan Chandra Asri yang selanjutnya diolah menjadi bensin, solar, dan juga minyak tanah. Kerja sama pengelolaan sampah berbasis pemberdayaan masyarakat merupakan upaya yang tepat untuk mengurangi timbulan sampah yang tidak terkelola dengan bijak," jelasnya.

Ditempat sama, Manager Project Bank Sampah Digital, Yulia Ratna Sari Ayu menuturkan, bahwa permasalahan sampah perlu mendapatkan dukungan penyelesaian dari berbagai sektor.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Lowongan Kerja PT Changshin Reksa Jaya

Rabu, 26 Januari 2022 | 18:55 WIB

Jetpack, Sejarah Teknologi Manusia Bisa Terbang

Selasa, 25 Januari 2022 | 01:26 WIB

Cerita Pepaya dan Kelapa

Senin, 24 Januari 2022 | 14:40 WIB
X