• Minggu, 23 Januari 2022

Sudah 100 Persen, Tol Serang-Panimbang Seksi 1 November Siap Dibuka

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 19:41 WIB
Manajer Biro Teknik dan Operasi PT WIKA Serang-Panimbang (WSP), Pudik Prayogi saat menjadi narasumber (narsum) Bantenpodcast, Jumat (1/10/2021).
Manajer Biro Teknik dan Operasi PT WIKA Serang-Panimbang (WSP), Pudik Prayogi saat menjadi narasumber (narsum) Bantenpodcast, Jumat (1/10/2021).

SERANG, TOPmedia - Manajer Biro Teknik dan Operasi PT WIKA Serang-Panimbang (WSP), Pudik Prayogi memastikan ruas jalan tol Serpan untuk seksi 1 akan dibuka untuk umum, diawali dibuka secara gratis selama dua pekan kedepan, sebelum penerapan bertarif diberlakukan secara umum.

Menurutnya, ruas tol Serpan untuk Seksi 1 sendiri panjangnya mencapai 26,5 kilometer dari total panjang keseluruhannya mencapai 83,67 kilometer.

Dimana, untuk seksi 1 tol Serpan ini membelah 3 wilayah yang ada di Provinsi Banten, dimulai dari Kecamatan Walantaka kota, Kemudian melewati wilayah Kabupaten Serang dan ujungnya ada didaerah Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

"Ada 3 simpang susun, 2 diantaranya ada di Cikesal dan simpang susun tunjung teja, Kabupaten Serang dan terakhir disimpang susun rangkasbitung, Kabupaten Lebak yang terhubung langsung dengan Jalan Nasional Pandeglang-Rangkasbitung," terang Pudik, saat menjadi narasumber (narsum) Bantenpodcast, Jumat (1/10/2021).

Saat disinggung mengenai bangunan kontruksi tol Serpan seksi 1, sambung Pudik, saat ini telah mencapai 100 persen, hanya tinggal menunggu proses integrasi dan transanksi dengan pihak perbankan sebelum nantinya tol Serpan seksi 1 dibuka untuk umum.

"Karena kita secara sistem terintegrasi tertutup, artinya pengguna jalan yang biasa jalan melalui Tol Tangerang-Merak, bisa langsung terhubung dengan tol Serang-Rangkasbitung. Tertutup disini yang dimaksud, ketika masyarakat masuk asal gerbang, kemudian masuknya dimana, disitu mulai dihitung keluarnya dimana. Selanjutnya Akan bayar digerbang keluar. Akhir Oktober, proses transaksi dan integrasi ini selesai," katanya, Seraya menambahkan, mudah-mudahan di bulan November 2021 nanti Jalan tol Serpan seksi 1 sudah bisa diakses.

Hadirnya salah satu proyek strategis nasional (PSN ) tol Serpan ini, selain bertujuan untuk memberikan akses jalan bebas hambatan kepada masyarakat, kata Pudik, diharapkan bisa memberikan efek positif lainnya bagi pembangunan di Provinsi Banten kedepan nantinya.

"Dan ini oleh masyarakat dan pemerintah daerah sangat diharapkan," katanya.

Termasuk dalam mendongkrak perekonomian masyarakat disepanjang koridor tol Serpan, melihat jarak tempuh dari Kecamatan Walantaka, Kota Serang menuju Kecamatan Rangkas bitung saat ini sudah bisa ditembus dengan waktu tempuh hanya sekitar 15 menit. Jarak waktu tempuh yang cukup signifikan berbeda jauh dibanding sebelum hadirnya tol Serpan seksi 1 yang biasanya mencapai waktu 40 menit melalui jalan arteri.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Tahun Macan Air Dalam Hitungan Shio Cina 2022

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:05 WIB
X