• Kamis, 11 Agustus 2022

Merusak Hati dan Keturunan! Inilah 7 Dampak Mengerikan Makan Makanan Haram

- Jumat, 24 Juni 2022 | 22:31 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Kita semua tahu bahwa sekarang ini kita memasuki era yang serba modern, dan serba mudah. Nyatanya budaya barat tidak hanya mempengaruhi kita dalam hal teknologi nya saja, namun juga termasuk makanan dan minuman sekarang sudah banyak sekali macam dan bentuknya.

Hal ini memang berdampak positif bagi perekonomian seseorang. Namun kita sebagai seorang Muslim haruslah bijak dalam memilih makanan maupun minuman. Karena tidak sedikit restoran-restoran yang ada di negara kita ini menjual makanan yang diharamkan dalam islam.

Manusia atau lebih khususnya anak muda, biasanya sangat suka mencoba-coba. Rasa keingintahuan mereka kadang membuat mereka melakukan hal yang meski di larang tapi tak dihiraukannya. Lalu bagaimana jika di antara kita ada yang terlanjur ataupun pernah memakan atau meminum makanan haram tersebut?

Nah, dibawah ini perlu kita ketahui  beberapa akibat makan makanan haram tersebut antara lain:

  1. Doa-doanya tidak dikabulkan

Seseorang yang memakan makanan haram doa-doanya tidak didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini sejalan dengan hadits Rasulullah SAW berikut ini,

Rasulullah bersabda, “Seorang lelaki melakukan perjalanan jauh rambutnya kusut, mukanya berdebu menengadahkan kedua tangannya ke langit dan mengatakan, “Wahai Rabbku! Wahai Rabbku! Padahal makanannya haram dan mulutnya disuapkan dengan yang haram maka bagaimanakah akan diterimanya doa itu?” (HR Muslim).

Baca Juga: Bukan Siti Khadijah, Inilah Wanita Pertama Yang Mati Syahid Dalam Islam

  1. Merusak hati dan akalnya

Makanan yang haram dapat mempengaruhi hati dan pikiran seseorang. Jika seseorang memakan makanan yang baik atau makanan halal maka hatinya juga dapat menjadi baik. Sebaliknya jika makan makanan haram hati seseorang dapat tercemari dan hal ini juga mempengaruhi kekhusukan dalam beribadah termasuk dalam shalat. Makanan yang haram juga dapat mengeraskan hati seseorang sehingga tidak mampu melihat kesusahan orang lain dan enggan membantunya.

  1. Amalan tidak diterima

Siapapun umat islam yang memakan makanan yang haram maka amal ibadahnya tidak diterima Allah SWT dalam waktu empat puluh hari seperti yang disebutkan dalam hadits berikut ini,

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Haji Dan Umrah Mengajarkan Zuhud Terhadap Dunia

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:36 WIB

Sebab Menghalangi Zikir Menurut Quraish Shihab

Selasa, 2 Agustus 2022 | 10:20 WIB
X