• Kamis, 11 Agustus 2022

Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang Dari Tanda Tangan

- Rabu, 5 Januari 2022 | 16:28 WIB
Ilustrasi tanda tangan (Foto : Topmedia)
Ilustrasi tanda tangan (Foto : Topmedia)

SERANG, TOPmedia - Apakah tanda tangan bisa mencerminkan kepribadian seseorang dan bagaimana cara mengetahuinya? Konon para Intelejen antar negara memiliki tugas khusus untuk mempelajarai tanda tangan para pemimpin dunia untuk dipelajari, diteliti, dan dianalisa kelemahan dan kelebihan kepribadiannya.

Cara tersebut adalah bagian dari taktik memudahkan negosiasi dan melakukan serangan sikologis. Tanda tangan merupakan salah satu bentuk peradaban manusia yang unik karena tanda tangan dianggap sebagai tanda perwakilan bahwa seseorang telah menyetujui perihal sesuatu. Tanda tangan ibarat menjadi saksi dan bentuk sumpah yang kemudian disepakati oleh pihak-pihak yang terlibat. Kini, tanda tangan menjadi semakin penting karena telah menjadi bagian penting dari kehidupan dan berevolusi sesuai zaman.

Selama berabad-abad tanda tangan memiliki fungsi untuk mewakilkan kesediaan seseorang pada sebuah perjanjian dan kesepakatan. Perwakilan tersebut dicantumkan dalam bentuk tanda maupun simbol yang khas, yang dapat dijamin keasliannya. Bentuknya begitu beragam dan setiap bangsa memiliki kekhasan masing-masing dalam menggunakan tanda tangan.

Tanda tangan adalah metode yang telah ada selama berabad-abad lamanya. Penggunaan tanda tangan basah berdasarkan catatan sejarah telah digunakan pada era sebelum masehi. Oleh banyak bangsa, tanda tangan pada umumnya dilakukan dengan menggunkan tinta yang kemudian digoreskan ataupun dicap pada sebuah dokumen dan kesepakatan.

Pada peradaban kuno, tanda tangan lebih banyak digunakan oleh para elit dan kalangan bangsawan yang menggunakan simbol sebagai cap tanda identitas. Seperti bangsa Mesir kuno misalnya, yang menggunakan simbol gambar dan piktograf untuk sebuah tanda identitas diri pada "dokumen" yang berupa tablet batu ataupun kertas.

Sudah sejak lama berbagai teori dan pengetahuan ilmiah dihimpun dan disatukan dalam disiplin ilmu untuk mempelajari garis tangan sesorang. Disiplin ilmu dimaksud adalah pengetahuan dasar mahasiswa yang mengambil jurusan Filsafat. Grafologi merupakan suatu ilmu yang mendeskripsikan kepribadian dengan didasarkan pada hubungan antara pikiran bawah sadar dan tulisan tangan. Kepribadian merupakan integrasi dari psikologis, sosial, moral, dan karakter yang ditunjukkan seseorang melalui interaksi dengan orang lain.

Pada akhir abad 19, Abbe Michon, Psikolog asal Paris memperkenalkan istilah Grafologi yang berasal dari kata Yunani, yaitu graphein dengan makna menulis dan logos yang berarti ilmu dalam publikasi penelitiannya mengenai analisis tulisan tangan yang dipelajari selama puluhan tahun melalui ribuan sample.

Fitur karakteristik garis penulisan tangan yang dapat memberikan analisis kepribadian menurut J. Crepieux Jamin, yaitu kecepatan, tekanan, bentuk tulisan, dimensi, continuity, arah, dan urutan. Beberapa karakteristik tersebut dapat diterapkan melalui elemen penulisan garis sebagai berikut;


Berikut kategori arti Garis dan kepribadian

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Demokrat Kota Serang Lauching Bacaleg Kaum Milenial

Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:39 WIB

PKS Cilegon Adakan Family Gathering

Minggu, 31 Juli 2022 | 21:53 WIB

PKS Banten Gelar FGD, Bahas Masalah Remaja

Sabtu, 30 Juli 2022 | 22:22 WIB
X