Galakkan Program Dorayaki, Dinkes Kota Cilegon bersama PMI Open Donor Darah

- Kamis, 12 Mei 2022 | 05:35 WIB
Walikota Cilegon, Helldy Agustian saat donor darah (Tim Topmedia 03)
Walikota Cilegon, Helldy Agustian saat donor darah (Tim Topmedia 03)

TOPMEDIA.CO.ID - Di hari Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan donor darah, kemarin Rabu 11 Mei 2022.

Kegiatan ini merupakan salah satu inovasi dari program quickwin pelayanan darah yang digalakkan Dinkes Kota Cilegon yakni Dorayaki (donor darah untuk menurunkan angka kematian ibu).

Dalam kegiatan itu juga, dihadiri oleh  Walikota Cilegon, Helldy Agustian yang ikutserta mendonorkan darahnya pada kegiatan Dorayaki yang digagas Dinkes Kota Cilegon.

Baca Juga: Pendaftaran PTN Poltekpar Dibuka Hingga 27 Mai 2022, Simak Jurusan Poltekpar Yang Bisa Dipilih

Kasi Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Cilegon, Drg. Rully Kusumawardhany menerangkan, digelarnya kegiatan Dorayaki ini bertujuan untuk membantu proses penurunan angka kematian ibu yang disebabkan mengalami pendarahan ketika persalinan.

“Dari data-data yang didapat Dinkes Kota Cilegon, salah satu penyebab tingginya angka kematian pada ibu karena saat persalinan mengalami pendarahan. Makanya kami himbau juga kepada ibu-ibu yang sedang hamil agar menyiapkan calon donor darah, karena kita tidak tahu bagaimana proses persalinan normal atau tidaknya,” terangnya.

Kata Rully, kegiatan Dorayaki ini, selain dilakukan di Dinkes Kota Cilegon juga dilakukan di seluruh Puskesmas se Kota Cilegon setiap tiga bulan sekali.

Baca Juga: Buruan Daftar Sebelum 27 Mei, 6 PTN Poltekpar Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022-2023

"Kami mengajak kepada masyarakat Kota Cilegon jangan ragu-ragu untuk mendonorkan darahnya karena setetes darah kita bisa menyelamatkan banyak jiwa,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Febi Sahri Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X