• Minggu, 23 Januari 2022

Antrian Calon Jemaah Haji Capai 28 Tahun dan Biaya Umroh Naik

- Selasa, 11 Januari 2022 | 16:50 WIB
Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Serang, Deni Rusli saat menjadi narasumber Bantenpodcast
Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Serang, Deni Rusli saat menjadi narasumber Bantenpodcast

SERANG,TOPMedia – Jemaah Haji tahun 2022 masih belum bisa diprediksi apakah akan berangkat atau Kembali tertunda seperti tahun 2020 dan 2021 yang gagal berangkat karena dampak pandemi Covid-19.

Dengan kondisi yang terus mengalami penundaan pemberangkatan, makan calon Jemaah haji di Indonesia yang baru daftar pada tahun ini maka harus menunggu antrian sekitar 28 tahun.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Serang, Deni Rusli mengungkapkan, sementara ini untuk Haji masih belum dibuka untuk luar Arab Saudi, Pemerintah Arab Saudi masih memberlakukan untuk wilayah Saudi dan sekitarnya.

“Kita masih menunggu kepastian dari Pemerintah kita, juga tentu dari Pemrintah Saudi Arabia. Tahun 2022, belum ada satu informasi atau surat resmi yang disampaikan oleh Pemerintah kita, karena haji ini tempatnya ada di negara lain, tentu saja ada juga nanti kebijakan dari Saudi Arabia. Tapi proses penyelenggaraan Haji tetap kita lakukan, seperti bimbingan manasik dan lainnya,” ujar Deni,

sehingga dengan tahapan-tahapan yang terus dilakukan itu, kata Deni, Banten tetap siap jika tahun ini akan dibuka Kembali untuk pemberangkatan Ibadah Haji atau pun pemberangkatan dengan pembatasan.

“Kalau saya ditanya, apakah dampak pandemi Covid-19 mengurangi jumlah pendaftar Jemaah haji, anehnya, yang daftar Jemaah haji ini saya menyimpulkan tidak ada dampak, karena yang daftar untuk Haji ini masih terus banyak, meski daftar antrian saat ini sudah mencapai antrian 28 Tahun,” ujar Deni (11/02/2022).    

 

Umroh Dibuka Tahun 2022

Meski Haji belum ada kabar, kabar baiknya, untuk Ibadah Umroh tahun ini Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia sudah melakukan kesepakatan, sehingga umroh sudah dibuka kembali, dan Indonesia sudah memberangkatkan perdana jemaah umroh pada 8 Januari 2022 sebanyak 400 orang Jemaah umroh dari sekitar Jakarta.

“Alhamdulillah pelaksanaan Umroh telah dibuka seiring pembukaan penerbangan internasional pada 1 Desember 2021, Cuma pemerintah kita dengan kehati-hatian mengeluarkan juknas dan juknis untuk pemberangkatan Umroh tahun ini,” kata Deni.

Halaman:

Editor: Administrator

Sumber: Kemenag, Pemkot Serang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Banten Serahkan LKPD Tahun 2021 Lebih Awal

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:20 WIB

Hanya Di Kota Serang, TPSA Disulap Jadi Lebih Asri

Rabu, 19 Januari 2022 | 15:43 WIB
X