• Jumat, 28 Januari 2022

Penyelenggara Umrah Diminta Laporkan Keberangkatan Jemaah, Kanwil Banten : Kita Minta Tembusanya

- Selasa, 11 Januari 2022 | 14:04 WIB
Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Miftahudin Djabbi (Foto : Topmedia)
Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Miftahudin Djabbi (Foto : Topmedia)

SERANG, TOPmedia - Kanwil Kemenag Banten meminta kepada Pimpinan Penyelenggara Ibadah Umrah (PPIU) untuk membuat laporan keberangkatan jemaah Umrah ke Kanwil Kemenag Banten.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Miftahudin Djabbi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa(11/1/2021).

"PPIU yang akan memberangkatkan jemaah Umrah, wajib melaporkan keberangkatan melalui SISKOPATUH dan menyampaikan tembusannya kepada Kanwil Kemenag Banten melalui email siskohatdepagbat@yahoo.com," ungkap Miftah.

Lanjut Miftah, meski ibadah Umrah telah dibuka sejak 8 Januari 2021, namun pihak Kemenag Banten belum menerima laporan terkait jumlah jemaah umrah yang berangkat dari Provinsi Banten.

"Karena memang para jemaah itu berangkatnya melalui penyelenggara atau travel dan pihak travel hanya membuat laporan ke pusat, makanya kita minta penyelenggara untuk membuat tembusannya ke kita," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Nanang Fatchurochman menambahkan, penyelenggaraan perjalanan ibadah Umrah di masa pandemi harus menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

"Pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan dilakukan di tanah air, maupun di Arab Saudi, dengan mengedepankan perlindungan dan kesehatan jemaah," kata Nanang.

Mengacu pada kebijakan Umrah satu pintu (One Gate Policy), kata Nanang, calon jemaah umrah asal daerah harus menggunakan asrama haji Jakarta sebagai lokasi screening kesehatan dan titik awal keberangkatan.

"Kantor Kemenag kota/ kabupaten juga wajib melakukan pengawasan keberangkatan jemaah di wilayah kerjanya," tutup Nanang seraya mengakhiri wawancara. (Feby/Red)

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X