• Minggu, 23 Januari 2022

Mahasiswa Cilegon Ajak Ketua DPRD Cilegon Lakukan Yudisium Review Ke Pemerintah Pusat

- Rabu, 7 Oktober 2020 | 17:13 WIB
Aksi Aliansi Mahasiswa Cilegon (AMC) di depan Gedung DPRD Kota Cilegon, Rabu (7/10/202) (Foto:Topmedia)
Aksi Aliansi Mahasiswa Cilegon (AMC) di depan Gedung DPRD Kota Cilegon, Rabu (7/10/202) (Foto:Topmedia)

CILEGON, TOPmedia – Pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja di Gedung DPR-RI pada Senin (5/10/2020) terus berbuntut pada seluruh elemen diberbagai daerah untuk melakukan aksi penolakan. Kali ini, aksi penolakan dilakukan oleh ratusan mahasiswa yang menamakan dirinya sebagai Aliansi Mahasiswa Cilegon (AMC) di depan Gedung DPRD Kota Cilegon, Rabu (7/10/2020).

Berdasarkan pantauan dilokasi, massa aksi bergerak pukul 13.00 WIB melakukan longmarch dari kampus al-khairiyah menuju gedung DPRD Kota Cilegon. Namun, sempat berhenti dan memobilisasi massa kembali di tugu landmark cilegon sambil menyanyikan lagu perjuangan mahasiswa. Diketahui, AMC terdiri berbagai organisasi mahasiswa, diantaranya, Ikatan Mahasiswa Cilegon (IMC), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) serta 7 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), STIT Al-khairiyah, STIE Al-khairiyah, STIKOM Al-khairiyah, STIKOM Insan Unggul, AKPER Al-ishlah, LP3I serta Politeknik PGRI Banten.

"Tuntutannya adalah kami menimbang ketidaktransparansian dari perumusan UU Cipta Kerja dimana hanya melibatkan segelintir dari pabrik yang terdampak. Selain itu hak buruh juga dirampas, maka tuntutan kami cuma satu, kami akan mendukung berbagai organisasi di pusat untuk melakukan yudisium review kepada pemerintah pusat terhadap omnibus law," Kata Koordinator Lapangan (Korlap) AMC, Freddy Febriandi disela-sela aksi, Rabu (7/10/2020).

Lanjut Freddy, hal tersebut yang akhirnya membuat mahasiswa Cilegon untuk memutuskan turun ke jalan. Selain itu, pihaknya juga menuntut DPRD Kota Cilegon untuk menandatangani nota kesepakatan bersama AMC.

"Kami juga menuntut Ketua DPRD Kota Cilegon untuk menandatangani nota kesepakatan bahwa DPRD Kota Cilegon bersama AMC sepakat untuk melakukan yudisium review ke pemerintah pusat," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Bidang Advokasi dan Aksi PP IMC, Maulana abdul haq menegaskan, jika sampai DPRD Kota Cilegon tidak memenuhi panggilan mahasiswa. Maka, kata Dia, pihaknya akan terus tetap stay di depan Gedung DPRD Kota Cilegon.

"Kalau sampai Ketua DPRD Kota Cilegon tidak memenuhi panggilan kami, kami akan tetap stay sampai keluar, sampai terketuk hatinya untuk menandatangani nota kesepakatan yang kami buat," pungkasnya. (Firasat/Red) 

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Tahun Macan Air Dalam Hitungan Shio Cina 2022

Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:05 WIB
X