• Minggu, 3 Juli 2022

Lupa Baca Doa Qunut Saat Shalat Subuh? Inilah Hukum Doa Qunut Serta Doa Penggantinya!

- Senin, 23 Mei 2022 | 22:45 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Doa Qunut adalah doa yang dibaca seorang muslim saat shalat. Doa qunut merupakan amalan yang dijaga oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini dibaca untuk memohon berkah, ampunan dan juga perlindungan dari Allah Swt.

Doa qunut sendiri terbagi menjadi tiga macam, yakni qunut salat subuh, qunut witir di separuh akhir bulan Ramadhan, dan qunut nazilah.

DILANSIR DARI Oase.id, menurut mazhab Syafi'i dan Maliki, membaca doa qunut salat hukumnya sunnah. Sementara Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar menjelaskan bahwa hukumnya sunnah muakkad dan disyariatkan dalam Islam.

Pendapat ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam An Nasa'i, Imam Abu Daud, dan Imam Tirmidzi: "Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada salat subuh sampai beliau meninggalkan dunia." (HR. Ahmad)

Doa qunut salat subuh dibaca sebelum sujud pada rakaat terakhir. Tepatnya saat posisi berdiri dalam gerakan iktidal. Bila salat subuhnya ditunaikan secara berjamaah, imam dianjurkan untuk mengeraskan suara saat membaca doa qunut. Sedangkan untuk salat sendiri tidak dikeraskan.

Baca Juga: Kaum Hawa Wajib Tahu! 5 Produk Ini Bisa Kamu Pakai Untuk Melindungi Diri Dari Cuaca Panas

Berikut ini doa qunut salat subuh sendiri atau disebut secara munfarid:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya: "Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X