• Kamis, 26 Mei 2022

Benarkah Akan Ada Keluarga Meninggal Jika Mimpi Gigi Copot?Begini Menurut Para Ulama!

- Rabu, 11 Mei 2022 | 19:04 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Mimpi disebut sebagai bunga tidur, namun ada beberapa mimpi yang diklaim masyarakat sebagai tanda atau symbol akan terjadi sesuatu di hidup kita atau orang yang kita kenal. Salah satu mimpi yang memiliki pemahaman yang menyeramkan adalah mimpi gigi copot.

Banyak di antara kita pernah mengalami gigi copot dalam mimpi. Ada beragam penafsiran yang turun-temurun dipahami oleh masyarakat kita. Yang paling populer adalah bahwa gigi yang copot di dalam mimpi adalah simbol bahwa akan ada salah satu dari keluarga kita meninggal dunia?

Dari sini muncul banyak pertanyaan terkait benarkah penafsiran yang seperti itu? Lantas dari mana sebenarnya penafsiran tersebut berasal?

Jika kita membuka-buka turats Islam, di sana ada satu dari sekian banyak kitab yang memuat arti-arti mimpi dalam tidur manusia. Bahkan untuk persoalan gigi copot juga disebutkan dalam kitab tersebut. Mengutip pendapat ‘Abdul Ghani al-Nabulsi, bahwa gigi dalam mimpi adalah sebagaimana berikut.

سن هي في المنام دالة إلى منتهى الأجل، والسن الذي كتب له، وجميع الأسنان تدل على الأهل والعشيرة والغلمان والبنات من الأولاد.

“Gigi di dalam mimpi menunjukkan “ujung atau batas ajal” dan umur yang ditetapkan untuknya. Adapun seluruh gigi (yang dimiliki manusia) menunjukkan keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan.”

Keterangan ini dapat dirujuk di dalam kitab Mu’jam Tafsir al-Ahlam. Selain kitab ini, banyak juga kitab-kitab lain yang telah membahas persoalan yang sama, seperti Mausu’ah Tafsir al-Ahlam, Ta’thir al-Ahlam fi Tafsir al-Anam, Tafsir al-Ahlam, dan lain sebagainya. (Pernah Mimpi Digigit Ular, Ini Maknanya Menurut Ibnu Sirin)

Gigi di samping sebagai simbol keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan, kadangkala ia juga berarti harta, binatang ternak, raja, harta simpanan, kehidupan, kematian, perpisahan dan pertemuan.

Menurut al-Nabulsi, gigi manusia juga merupakan simbol keluarga. Gigi bagian atas adalah anggota keluarga laki-laki dari pihak ayah. Sedangkan gigi bagian bawah adalah anggota keluarga perempuan dari pihak ibu. Gigi bawah bagian depan menunjukkan keluarga yang paling dekat dari sang pemilik mimpi. Adapun dua gigi seri bagian atas adalah simbol dari ayah dan paman dari pihak ayah. Sebelah kanan adalah ayah dan sebelah kiri adalah paman. Jika sang pemilik mimpi tidak memiliki ayah dan paman, maka keduanya adalah simbol untuk saudara perempuan, anak ataupun sahabat karib.

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X