Hati-Hati! 4 Bahaya Ini Mengintai Anda Yang Jarang Tertawa

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 22:39 WIB

TOPMEDIA.CO.ID – Tertawa adalah hal sederhana yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Aktivitas ini biasanya dilakukan untuk meluapkan rasa senang atau gembira.

Namun, ternyata tertawa bukan hanya sebagai ekspresi gembira. Perilaku ini juga bisa mengundang banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, tertawa seringkali dibutuhkan dalam menghadapi hidup yang bahkan kadang kala tak sesuai dengan harapan kita.

Hal Ini karena tertawa adalah faktor pemicu hormon serotonin dan endorfin yang dikenal sebagai hormon bahagia. Kenali deh beberapa bahaya terlalu serius dan jarang tertawa bagi kesehatan sebagai berikut agar hidup bisa dimulai lebih santai.

  1. Peradangan

Menurut hasil penelitian para ahli dari Ohio University dilansir dari laman Detik Health, orang-orang yang terlampau serius memiliki risiko terkena radang atau inflamasi 20 persen lebih tinggi. Peradangan atau inflamasi bisa menyerang bagian tubuh manapun lho lalu berpotensi memicu kanker, namun umumnya peradangan pada otot hingga sendi.

  1. Kadar Hormon Kortisol/Hormon Stres Meningkat

Kalau orang yang banyak tersenyum dan tertawa bisa menghasilkan kadar hormon bahagia lebih banyak, orang yang terlampau serius dan tegang bisa-bisa kadar hormon stresnya lebih tinggi di mana hal ini menjadi pemicu perubahan detak jantung dan memengaruhi kesehatan jantung. Peningkatan stres juga berpengaruh pada kenaikan tekanan darah menurut Dr Peggy Zoccola, pemimpin penelitian Ohio University.

Baca Juga: Agar Terhindar Dari Siksa Kubur dan Fitnah Dajjal, Baca Doa Ini Saat Tahiyyat Akhir!

  1. Kecemasan

Terlalu serius juga mampu berdampak pada kesehatan mental di mana rasa cemas lebih mudah hadir. Kecemasan yang tak segera diatasi dapat berlanjut menjadi kecemasan berlebih atau gangguan kecemasan sehingga diri kita lebih jarang mengalami rasa bahagia. Ini karena kita jadi lebih berfokus pada hal-hal kecil yang tidak benar daripada yang positif.

  1. Penarikan Diri

Terlalu serius menjadikan kita jadi lebihmudah tersinggung saat sedang bersosialisasi dengan orang lain. Ketika bereaksiterlalu negatif, diri kita menjadi lebih mudah marah dan tidak nyaman saatharus berinteraksi dengan orang lain, bahkan orang-orang dekat sekalipun. Halini kemudian mampu memicu rasa ingin menarik diri dari kehidupan sosial bahkandapat berisiko mengabaikan keluarga dan teman.

Jika tak ingin bahaya terlalu serius inikita alami, mungkin kita mulai butuh liburan dan memperbanyak humor.Meningkatkan fleksibilitas terhadap apapun yang bahkan tak sesuai harapan,berpikiran lebih terbuka dan menertawakan hal-hal yang nampaknya bodoh justrubaik bagi kesehatan mental dan fisik. Karena dengan banyak senyum dan tertawa,sebenarnya kita juga sedang menekan stres.

Halaman:

Editor: Beni Hendriana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X