Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia

photo author
- Kamis, 19 Desember 2024 | 23:16 WIB
Noval Zulfikar (Mahasiswa Ilmu Hukum Unpam PSDKU Serang) (Topmedia.co.id/Istimewa)
Noval Zulfikar (Mahasiswa Ilmu Hukum Unpam PSDKU Serang) (Topmedia.co.id/Istimewa)

Penulis: Noval Zulfikar (Mahasiswa Ilmu Hukum Unpam PSDKU Serang)

TOPMEDIA.CO.ID - Upaya yang sangat penting untuk membangun masyarakat yang sehat dan produktif adalah meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia

Memperbaiki akses ke layanan kesehatan adalah hal utama yang perlu dilakukan, terutama di daerah terpencil. Banyak masyarakat di pelosok masih menghadapi kesulitan mendapatkan layanan medis dasar karena infrastruktur dan fasilitas yang terbatas.

Selain itu, tenaga medis memainkan peran penting. Pemerintah harus memastikan bahwa dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya tersedia di seluruh wilayah, bukan hanya di kota-kota besar. Selain itu, tenaga medis harus dilatih secara teratur agar mereka dapat mengikuti tren kesehatan terbaru.

Baca Juga: Perbakin Kota Cilegon: Komitmen Jaga Kedamaian dan Kondusifitas Pasca Pilkada

Sistem pembiayaan layanan kesehatan seperti BPJS perlu diperbaiki untuk menjadi lebih efisien.

Masalah seperti akses yang terbatas untuk masyarakat miskin atau defisit anggaran harus ditangani segera. Tidak kalah penting, ketersediaan alat medis dan obat-obatan harus dijamin dari segi jumlah dan kualitas.

Teknologi juga dapat membantu meningkatkan kualitas layanan. Misalnya, telemedicine dapat menawarkan alternatif bagi orang-orang yang tidak dapat datang langsung ke fasilitas kesehatan.

Baca Juga: Chandra Asri Group Dukung Pengelolaan Sampah Berkelanjutan dengan Peresmian Bank Sampah di Tanara

Selain itu, proses administrasi layanan kesehatan dapat dipercepat dan lebih mudah jika data kesehatan nasional diintegrasikan.

Pendidikan kesehatan masyarakat juga harus ditingkatkan. Di masa depan, akan sangat membantu jika orang lebih menyadari pentingnya menjaga pola hidup sehat, mencegah penyakit, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Pelayanan kesehatan di Indonesia akan semakin baik dan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat jika semua pihak, termasuk pemerintah, tenaga medis, dan masyarakat, bekerja sama.***

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Febi Sahri Purnama

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Ketika Keadilan Hanya Milik yang Mampu

Kamis, 18 Desember 2025 | 20:55 WIB

Keadilan sebagai Hak, Bukan Kemewahan

Kamis, 18 Desember 2025 | 20:51 WIB
X