• Rabu, 19 Januari 2022

Golkar : Kisruh Buruh VS Pemprov Banten Jangan Sampai Jadi Bahan Komoditi Politik

- Selasa, 28 Desember 2021 | 23:52 WIB
Sekjen Bidang Pemenangan Pemilu Jawa I DPP Partai Golkar Andika Hazrumy (Foto : Topmedia)
Sekjen Bidang Pemenangan Pemilu Jawa I DPP Partai Golkar Andika Hazrumy (Foto : Topmedia)

SERANG, TOPmedia - Menjaga iklim investasi dan konduaitifitas di Provinsi Banten, Wakil Sekjen Bidang Pemenangan Pemilu Jawa I DPP Partai Golkar Andika Hazrumy berharap agar buntut dari kemelut penetapan UMK Banten tahun 2022 antara Gubernur dengan buruh bisa secepatnya dicarikan jalan keluarnya.

"Ya, jangankan Golkar. Saya sebagai wakil gubernur juga sedang berupaya untuk memfasilitasi, memediasi, agar persoalan ini tidak berkepanjangan," kata Andika, di Gedung Paripurna DPRD Banten, Selasa (28/12/2021).

Diberitakan sebelumnya, pihak Kepolisian Daerah (Polda) Banten telah menetapkan enam orang buruh sebagai tersangka dalam kasus dugaan perusakan kantor Gubernur Banten.

Kejadian tersebut buntut dari  penetapan UMK tahun 2022 yang tidak menemukan titik temu antara buruh dengan Pemprov Banten. Dimana, buruh meminta UMK Banten naik sebesar 5,4 persen namun tidak sesuai harapan buruh.

Disisi lain, berlajar dari DKI Jakarta,  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merevisi besaran kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2022 dari 0,85 persen menjadi 5,1 persen. Sementara di Banten, UMK Tahun 2022 diduduki oleh Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sebagai daerah dengan kenaikan UMK tertinggi sebesar 1,17 persen.

Lanjut Andika, atas kondisi itu pihaknya berharap semua pihak bisa mencarikan jalan keluarnya melalui upaya-upaya mediasi agar kasusnya tidak berkepanjangan

"Jangan sampai masalah ini berkelanjutan, pokoknya bagaimanapun caranya segera mediasi untuk kita bersama-sama ," katanya.

Disisi lain, dirinya juga memastikan jika Gubernur Banten Wahidin Halim adalah sosok yang arif dan bijaksana dalam menghadapi persoalan yang ada.

"Pak gubernur terbuka kok orangnya, wise (bijaksana) untuk kita berdialog, bertukar pikiran untuk kita mencari jalan keluarnya," katanya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

DPRD Sayangkan Pernyataan Gubernur Banten

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:31 WIB
X