• Rabu, 19 Januari 2022

Gubernur Banten Resmi Cabut Laporan Buruh

- Rabu, 5 Januari 2022 | 13:45 WIB
Gubernur Banten tanda tangani kesepakatan dengan buruh (dok)
Gubernur Banten tanda tangani kesepakatan dengan buruh (dok)

SERANG, TOPmedia - Menindaklanjuti kesepakatan perdamaian antara Gubernur dan pihak buruh, ketua tim Kuasa Hukum Gubernur Banten Asep Abdullah Busro mengaku akan segera berkoordinasi dengan Kapolda Banten dan Direskrimum Polda Banten dalam upaya melakukan pencabutan laporan melalui mekanisme Restorative Justice, Rabu (5/1/2022).

"Pada hari Rabu akan segera berkoordinasi dengan Kapolda Banten dan Direskrimum Polda Banten untuk melakukan pencabutan laporan melalui mekanisme Restorative Justice sesuai kebijakan umum yang telah ditetapkan melalui Peraturan Kapolri oleh Bapak Kapolri Listyo Sigit Prabowo, yang sebagai landasan bagi penyelesaian hukumnya," terang Asep, melalu pesan whatapp, Selasa (4/1/2022) malam.

Menururnya, keputusan tersebut diambil setelah muncul adanya kesepakatan antara buru dan Gubernur, agar permasalah tersebut tidak lagi dilanjutkan. Selain, melihat itikat baik dari buruh dengan menyampaikan permohonan maafnya saat pertemuan di rumah pribadi Gubernur, Pinang Kota Tangerang.

"Melihat itikad baik dan ketulusan  permohonan maaf dari para buruh, beliau merespon positif dengan memaafkan para buruh dan menyatakan mencabut laporan hukumnya terhadap buruh,  yang selanjutnya dalam pertemuan tersebut dilakukan penandatanganan Surat Kesepakatan Perdamaian yang ditandatangani oleh Gubernur Banten dan para buruh dengan disaksikan oleh Kuasa Hukum Gubernur, Plt Sekda Banten dan para Ketua Serikat Buruh," katanya.

Dirinya juga sebagai kuasa hukum Gubernur mengaku bersyukur atas penyelesaian permasalahan ini secara tuntas menyeluruh, sekaligus  mengapresiasi setinggi-tingginya atas peran Kapolda Banten beserta jajarannya yang telah melakukan penegakan hukum dengan tegas, responsif dan presisi yang memberi ruang penerapan restorative justice sehingga memungkinkan penyelesaian permasalahan dapat diselesaikan secara baik, akomodatif, berkeadilan, tuntas menyeluruh.

"Apresiasi juga kami sampaikan kepada seluruh pihak baik unsur legislatif, para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang telah ikut andil berperan dan berkontribusi dalam mendukung penyelesaian ini dengan baik," katanya.

Semua itu, kata dia, bertujuan dalam rangka menciptakan Banten yang kondusif, iklim investasi dan aktifitas dunia usaha di Banten agar dapat terus berjalan dengan normal kembali tanpa terhambat adanya permasalahan tersebut.

Pada sisi lain, berkaitan dengan asanya isu pelaksanaan aksi demo oleh para buruh, masih kata Asep, jika pihak Gubernur Banten juga menghormati kebebasan atas berpendapat seluruh warga negara termasuk para buruh.

"Sehingga beliau juga mempersilahkan rekan-rekan buruh untuk menyampaikan aspirasi dan pendapatnya secara bebas bertanggung jawab dengan menjaga ketertiban umum namun tidak boleh melanggar hukum dan melakukan tindakan anarkis," tandasnya.(Den/Red)

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Hanya Di Kota Serang, TPSA Disulap Jadi Lebih Asri

Rabu, 19 Januari 2022 | 15:43 WIB

Bupati Serang Kejar Target Vaksinasi Anak Di 2022

Senin, 17 Januari 2022 | 18:15 WIB
X