• Rabu, 19 Januari 2022

Kadisnaker : Revisi UMP/UMK Banten Dimungkinkan

- Rabu, 5 Januari 2022 | 23:32 WIB
Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Provinsi Banten Al Hamidi (Foto : Topmedia)
Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Provinsi Banten Al Hamidi (Foto : Topmedia)

SERANG, TOPmedia - Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Provinsi Banten Al Hamidi mengaku kemungkinan untuk direvisinya UMP/UMK Provinsi Banten tahun 2022 bisa saja terjadi selama ada ruang yang memungkinkan untuk dinaikan dan tentunya tidak melanggaran peraturan yang ada.

"Ya memungkinkan, nanti kita lihat aturan hukumnya. Celahnya dimana masuknya, kira-kira dimana masuknya," kata Al Hamidi usai menghadiri rapat audiensi antara buruh dengan dewan di ruang GSG DPRD Banten, Rabu (5/1/2022).

Menurutnya, salah satu acuan sebelum ditetapkannya UMP/UMK Banten adalah survey BPS, melalui celah tersebut diharapkan UMP/UMK Banten bisa direvisi.

"Nah ini, celah inilah yang mungkin bisa masuk, yang bisa merevisi," katanya.

Kendati demikian, kata dia, dalam upaya untuk merevisi tersebut, harus tetap memperhatikan peraturan-peraturan yang ada, jangan sebaliknya justeru malah menabrak peraturan yang ada.

"Dan pak Gubernur sudah menitip pesan kemarin, kalau seandainya upah itu memang ada ketentuan yang artinya membolehkan merevisi. Maka, pak Gubernur akan sangat senang hati," katanya.

Saat ditanya apakah nantinya Pemprov Banten akan merevisi UMP/UMK Banten tahun 2022 hasil pembahasan tripartit. Dimana, UMP/UMK Banten tahun 2022 direncanakan naik pada angka 5,4 persen, pihaknya masih perlu untuk memikirkannya lagi.

"Nah nanti ada hitung-hitungannya. Jadi  kalau di 5,4 atau 3,51 itu ada dasarnya, cuman artinya tidak hanya mengacu pada PP 36 saja," katanya.

Termasuk dengan memperhatikan pasal-pasal lainnya, seperti pasal 24 pada PP 36 agar kepgub UMP/UMK Banten tahun 2022 bisa naik.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Hanya Di Kota Serang, TPSA Disulap Jadi Lebih Asri

Rabu, 19 Januari 2022 | 15:43 WIB

Bupati Serang Kejar Target Vaksinasi Anak Di 2022

Senin, 17 Januari 2022 | 18:15 WIB
X