• Rabu, 19 Januari 2022

Bupati Serang Resmikan Kampung Baznas, Ribuan Rumah Diperbaiki

- Selasa, 4 Januari 2022 | 21:36 WIB
Bupati Serang, Ratu Tatu  Chasanah meresmikan Kampung Baznas di Desa Nagara, Kecamatan Kibin. Sementara itu, di Kabupaten Serang (Foto : Topmedia)
Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meresmikan Kampung Baznas di Desa Nagara, Kecamatan Kibin. Sementara itu, di Kabupaten Serang (Foto : Topmedia)

SERANG, TOPmedia - Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meresmikan Kampung Baznas di Desa Nagara, Kecamatan Kibin. Sementara itu, di Kabupaten Serang selama kurun 2017 hingga 2021, telah diperbaiki 7.614 rumah tidak layak huni (RTLH). 

“Kampung Baznas ini dilaksanakan setiap tahun, tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Kibin dan Gunungsari masing-masing, alokasi 15 perbaikan rumah tidak layak huni, dan bantuan sosial lainnya,” kata Tatu kepada awak media, Selasa (4/1/2022). 

Selain di dua kecamatan tersebut, Baznas juga melakukan perbaikan RTLH masing-masing 1 unit di setiap kecamatan. “Jadi ada 30 RTLH di Kampung Baznas dan 27 RTLH di 29 kecamatan yang diperbaiki. Total ada 57 rumah yang diperbaiki tahun ini oleh Baznas Kabupaten Serang,” ungkap Tatu. 

Tidak hanya itu, lanjut Tatu, Baznas juga menghimpun infaq aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Serang yang diperuntukan perbaikan RTLH sebanyak 39 unit. Jumlah anggaran yang dihimpun dan dimanfaatkan sebesar  Rp975 juta. 

Pada kesempatan tersebut, juga disalurkan bantuan pembangunan masjid dan madrasah, pembagian sembako, bantuan beasiswa, dan bantuan modal usaha.

“Kami apresiasi program Baznas Kabupaten Serang, dan sangat bermanfaat untuk masyarakat. Saya mengajak kepada kita semua untuk menyalurkan infaq, sedekah, dan zakatnya melalui Baznas Kabuaten Serang, karena peruntukkanya sangat bermanfaat,” jelasnya.

Menurut Tatu, perbaikan RTLH merupakan program prioritas Pemkab Serang. Berasal dari program pemerintah pusat, pemerintah provinsi, Pemkab Serang, CSR perusahaan, program Baznas, dan pihak lainnya. Pada tahun 2017 terdapat  10.723 RTLH, dan sudah diperbaiki sampai tahun 2021 sebanyak 7.614 RTLH. 

“Saat ini, kami masih konsisten untuk perbaikan rumah tidak layak huni. Dan saya minta seluruh kepala desa dan camat menginventarisasi kembali RTLH di wilayahnya jangan sampai ada yang terlewatkan. Tugas kita masih banyak, dan ini butuh sinergi dan kerja sama,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Serang, Badrudin menambahkan, Bupati Serang punya perhatian khusus terhadap Baznas Kabupaten Serang, juga pemanfatan dana yang dihimpun. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Hanya Di Kota Serang, TPSA Disulap Jadi Lebih Asri

Rabu, 19 Januari 2022 | 15:43 WIB

Bupati Serang Kejar Target Vaksinasi Anak Di 2022

Senin, 17 Januari 2022 | 18:15 WIB
X