• Minggu, 23 Januari 2022

Lindungi Lahan Pertanian, Pemprov Banten Akan Revisi Perda PLP2B

- Jumat, 24 September 2021 | 22:08 WIB
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus Tauchid
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus Tauchid

SERANG,TOPMedia - Dalam upaya melindungi dan memberikan kepastian hukum mengenai zona lahan pertanian, Pemprov Banten tengah melakukan revisi Peraturan Daerah (Perda)  Nomor 5 Tahun 2014 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B).

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Banten, Agus Tauchid mengatakan, melalui langkah tersebut, bukti nyata hadirnya pemerintah untuk melindungi petani, dengan melahirkan produk hukum yang jelas dan sejalan dengan kondisi eksisting lahan pertanian Banten.

"kita tahun ini sedang merevisi Perda nomor 5 tahun 2014 Perda PLP2B. Setelah adanya revisi Perda ini, akan dimuat di revisi Perda (ketetapan zona-zona lahan pertanian yang berkepastian)," katanya, Jumat (24/9/2021).

Termasuk menjalin kerjasama dengan UNPAD agar ikut melakukan kajian lahan pertanian di Banten

"Dengan dasar kajian itu menjadi dasar untuk kita melakukan revisi biar kita sejalan dengan RTRW Kabupaten/kota yang banyak perubahan," katanya.

Dirinya tidak menampik, antara pembangunan infrastruktur dan lahan pertanian, seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

Kesemua itu diyakini akan sejalan  setelah direvisinya Perda PL2P Banten kedepan, melalui penetapan lokasi-lokasi yang akan dimuat dalam Perda tersebut yabg terbarukan.

Pernyataan Agus juga sekaligus menjawab aksi puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Eksekutif Wilayah Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EW LMND) Banten menggelar unjuk rasa di depan gedung DPRD Banteh, Jumat (24/9/2021).

Mereka menuntut agar tidak ada lagi kejadian alih fungsi lahan pertanian di Banten, termasuk mengenai kepastian hukum dari pemerintah kepada petani agar kedepan lebih makmur.(Den/Red)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pemprov Banten Serahkan LKPD Tahun 2021 Lebih Awal

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:20 WIB

Hanya Di Kota Serang, TPSA Disulap Jadi Lebih Asri

Rabu, 19 Januari 2022 | 15:43 WIB
X