• Jumat, 30 September 2022

Beginilah Ketegasan Bima Sakti Ke Timnas U16 Jelang Semi Final

- Senin, 8 Agustus 2022 | 07:45 WIB
Bima Sakti Pelatih Timnas U16 (Net)
Bima Sakti Pelatih Timnas U16 (Net)

TOPMEDIA.CO.ID - Tim U-16 Indonesia keluar sebagai juara Grup A turnamen Piala AFF seusai mengalahkan Vietnam 2-1. Sebelumnya, tim asuhan Bima Sakti Tukiman ini telah menguburkan harapan dua tim di grup ini, Filipina dihajar 2-0. Sedangkan Singapura dihancurkan dengan 9-0.

Tampil memukau sepanjang gelaran itu, Bima menjelaskan timnya harus tetap fokus menatap dua pertandingan sisa, semifinal dan final. Dia juga tak ingin para pemain terlalu terbawa dengan euforia kemenangan.

“Saya pikir ini pembelajaran untuk pemain. Kami sebagai tim pelatih dan ofisial sudah mengedukasi mereka, memberi ilmu kepada mereka, memosisikan diri kami sebagai orang tua, kakak, atau teman bagi mereka. Bukan hanya ilmu bola saja, tapi di luar lapangan itu sangat penting agar mereka bisa belajar,” jelas Bima di lansir laman PSSI, Senin 8 Agustus 2022.

Selain itu, Bima juga mengajarkan mengenai peraturuan-peraturan yang berlaku di timnya, seperti penggunaan telepon seluler yang batasi. Selain itu juga menjaga disiplin dengan ibadah bersama-sama.

"Kemudian untuk yang nonmuslim, setiap hari minggu kami memberi kesempatan ke gereja, kami siapkan kendaraan," paparnya. 

“Contoh lain untuk Krisna (I Komang Ananta Krisna Putra) setiap minggu kita antar dia naik mobil ke Pura. Terpenting adalah itu, ibadah mereka. Kami juga edukasi ke pemain untuk jangan cepat puas, jangan sombong,” imbuhnya.

Baca Juga: Punggawa Timnas U-16 Muhammad Kafiatur Rizky Mengaku Siap Bongkar Pertahanan Vietnam Di laga Terakhir Grup A

Hal-hal seperti itu juga ternyata terbawa dan terpatri di salah satu pemain di tim Bima sebelumnya, “Kemarin tiba-tiba Marselino (Ferdinan) whatsapp saya, mengucapkan selamat atas kemenangan pada pertandingan melawan Filipina, semoga berikutnya lebih baik. Saya ceritakan itu ke mereka (pemainnya saat ini). Itu menjadi contoh, mudah-mudahan ada Marselino-marselino lain yang bisa teruskan tradisi seperti itu dari tim ini,” beber Bima.

Dua tradisi terakhir di tim ini adalah membawa jersey Alfin Lestaluhu dan menempatkan foto-foto orang tua pemain di ruang ganti.

Halaman:

Editor: Rohili

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rakerwil APJII Banten Hilangkan Blank Spot Di Banten

Jumat, 30 September 2022 | 16:22 WIB

Tim Musim 2022-2023, Serang Jaya Bidik Juara Zona Banten

Selasa, 27 September 2022 | 20:57 WIB

21 Tim Berjibaku di Kompetisi Liga 3 Regional Banten

Senin, 26 September 2022 | 19:45 WIB

Brad Binder Tampil Luar Biasa di MotoGP Motegi Jepang

Senin, 26 September 2022 | 15:56 WIB
X