• Selasa, 4 Oktober 2022

Hidup Sehat dengan Berpuasa, Jangan Lupa Keluarkan Zakat & Sedekah

- Minggu, 3 Mei 2020 | 04:02 WIB
Ramadhan kare. (Ilutrasi foto:net)
Ramadhan kare. (Ilutrasi foto:net)

TOPmedia – Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, penuh ampunan dan bulan yang paling istimewa diantara bulan-bulan yang lainnya. Tak heran jika pada bulan Ramadhan seluruh umat muslim di seluruh penjuru dunia akan menyambutnya dengan suka cita.

Puasa pada bulan Ramadhan juga ternyata membawa manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, pada ilmu kedokteran modern banyak menyinggung manfaat medis puasa. Antara lain, bahwa puasa bisa menjadi terapi berbagai macam jenis penyakit seperti darah tinggi, penyempitan pembuluh nadi (arterios klerosis), penyakit lemah jantung dan diabetes.

Puasa juga mampu memperbaiki sistem pencernaan, mencegah infeksi persendian dan memberi kesempatan pada jaringan tubuh untuk istirahat, melenyapkan sisa-sisa organik yang berbahaya bagi tubuh dan memberikan perlindungan pada tubuh dari berbagai jenis penyakit lain.

Dalam Al-Quran Surat Al Baqarah Ayat 183 dijelaskan:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

 

Juga pada Al-Baqarah Ayat 185 dijelaskan:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X