• Rabu, 19 Januari 2022

Ingin Keluarga Menjadi Penghuni Surga, Gus Baha : Bacalah Surat Ini Setiap Hari

- Jumat, 24 Desember 2021 | 15:16 WIB
Ilustrasi : Net
Ilustrasi : Net

SERANG, TOPMedia - Mengutip penjelasan Gus Baha dalam kanal YouTube "Kajian-Kajian Islam". Amalan membaca surah pendek AL-Ihklas dengan jumlah 100 kali atau 1000 kali, dilakukan dengan istiqamah maka ada jaminan keselamatan akhirat untuk keluarga. Niatkan amalan itu untuk keselamatan keluarga dan 7 turunan. "Jadi kamu harus menutup bacaan surah tadi dengan kalimat: Ya Allah semua itu bukan untuk saya tapi untuk 7 turunan saya, tolong catat ya Allah. Anak cucu kamu pasti masuk surga kalau bisa mengamalkan " kata Gus Baha.

Gus Baha mengatakan bahwa amalan ini berasal dari beberapa riwayat, ada yang menyebutkan dibaca 40 kali, 100 kali, dan bahkan 1000 kali.

"Jadi intinya itu silahkan anda bikin jumlah sesuai versi anda, yang penting anda jangan kampanye kalau itu perintahnya Nabi Muhammad SAW," tutur Gus Baha.

Menurut KH Bahauddin Nursalim atau yang sering di sapa Gus Baha baik itu 40, 100, atau 1000 kali semuanya tergantung pada kemampuan masing-masing, tidak ada jumlah wajibnya.

Kata “Ikhlas” di dalam Tafsir al-Mishbah dimaknai dengan suatu upaya menyingkirkan segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan Tuhan sehingga yang tersisa hanya gambaran tentang Tuhan. Misalnya anggapan manusia pada waktu itu yang menganggap Tuhan lebih dari satu, bahwa Tuhan memiliki anak dan lain sebagainya.

Surah al-Ikhlas memiliki beberapa khasiat. berikut adalah khasiat Surah al-Ikhlas. Pertama, orang yang membaca Surah al-Ikhlas lima puluh kali, ia akan mendapatkan panggilan masuk surga di hari kiamat. Jabir bin Abdullah  meriwayatkan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad bersabda,

“Siapa yang membaca Surah al-ikhlas setiap hari 50 kali, maka pada hari kiamat, ia akan dipanggil dari kuburnya ‘Bangkitlah, wahai orang yang memuji Allah, dan masuklah ke dalam surga!” (HR. Thabrani).(FF)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X