• Rabu, 19 Januari 2022

Inillah Keutamaan Hari Kamis, Salah Satunya Dibuka Pintu Surga

- Kamis, 13 Januari 2022 | 18:25 WIB
Ilustrasi (Foto : Feby/Topmedia)
Ilustrasi (Foto : Feby/Topmedia)

SERANG, TOPmedia - Hari Kamis yang dikenal sebagai suatu hari yang istimewa. Dimana dikenal dengan istillah jawa yaitu Jum'at Kliwon, ternyata memiliki berbagai macam keuntungan.

Bahkan hari Kamis menjadi trending twitter pertama dengan 15 ribu pengguna Medsos telah mencuitnya.

Dijelaskan pada berbagai macam sudut pandang. Bahwasanya terdapat beberapa tuntunan yang menjelaskan keutamaan hari Kamis, dan bacaan doa yang biasa dipanjatkan Fatimah Az-Zahra.

Seperti apa doa hari Kamis dan keutamaannya?, berikut penjelasnaya.

Hari Kamis memiliki beberapa keutamaan. Dalam suatu hadist disebutkan bahwa amal manusia dilaporkan kepada Allah SWT di hari Senin dan Kamis. Sehingga Rasulullah SAW melaksanakan dan menganjurkan puasa sunah di dua hari tersebut.

Yaitu, Puasa Senin Kamis merupakan ibadah yang Rasulullah SAW anjurkan untuk dilaksanakan. Bahkan, beliau juga rutin mengamalkan ibadah tersebut. Sebagaimana yang disebutkan dalam suatu hadits, bahwa amal manusia dilaporkan kepada Allah SWT pada setiap hari Kamis. Dari Abu Hurairah RA. dari Rasulullah SAW. Beliau bersabda

"Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu'ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan..." (H.R. Shahih Muslim)

Keutamaan berikutnya adalah, pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Seperti dalam sebuah hadits, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, 'Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai." (HR. Shahih Muslim).

Halaman:

Editor: Administrator

Sumber: Islam NU

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Sayangkan Pernyataan Gubernur Banten

Selasa, 7 Desember 2021 | 18:31 WIB
X