• Senin, 27 Juni 2022

Disdukcapil Cilegon Roadshow Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Anak Hingga Kelurahan

- Selasa, 21 Juni 2022 | 07:10 WIB
Disdukcapil Cilegon (foto:TOPMEDIA)
Disdukcapil Cilegon (foto:TOPMEDIA)

TOPMEDIA.CO.ID - Untuk memudahkan masyarakat dalam pembuatan akta kelahiran, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Kota Cilegon melakukan roadshow dan membuka pos pelayanan akta kelahiran di kantor kelurahan.

Kepala DKCS Kota Cilegon, Hayati Nufus mengatakan bahwa dokumen kependudukan sangat penting untuk dimiliki setiap warga negara.

"Dinas Dukcapil Kota Cilegon selaku Instansi Pelaksana Dokumen Kependudukan mengharapkan adanya peningkatan cakupan akta kelahiran dan kesadaran masyarakat dalam pentingnya memiliki dokumen kependudukan sebagai warga negara," ucapnya.

Baca Juga: PT BMM lepas ekspor perdana 55.000 ton gula kristal rafinas ke Vietnam

"Salah satunya akta kelahiran, dimana terdapat 2 fungsi utama dari akta kelahiran yaitu menunjukkan hubungan hukum antara anak dengan orang tuanya secara hukum dan merupakan bukti awal kewarganegaraan dan identitas diri pertama yang dimiliki anak," sambungnya.

Lebih lanjut, Nufus menjelaskan jika dengan adanya akta kelahiran, secara yuridis anak berhak untuk mendapatkan perlindungan hak - hak kewarganegaraannya.

"Dengan adanya akta kelahiran ini maka anak secara yuridis berhak untuk mendapatkan perlindungan hak - hak kewarganegaraannya, misalnya hak atas pendidikan, hak atas kesehatan, hak atas pemukiman, dan hak atas sistem perlindungan sosial," jelasnya.

Sementara itu, Hany Seviatry Helldy mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memenuhi hak - hak dokumen kependudukan anak.

"Saya minta kepada seluruh elemen masyarakat yang saat ini hadir, mulai dari bunda PAUD kecamatan, seluruh ketua RT/RW se-kelurahan kalitimbang, ibu-ibu kader PKK kecamatan dan kelurahan, dan semua para orangtua, agar supaya dapat memenuhi hak-hak anak dalam dokumen kependudukan dimana langkah kecil ini yang akan membantu mereka untuk meraih impian dan kesuksesan di masa depan," pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Rohili

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pembangunan Pasar Baros Direncanakan Dua Lantai

Rabu, 22 Juni 2022 | 20:57 WIB
X