• Selasa, 4 Oktober 2022

Ditengah Pandemi Covid-19, Pemkot Cilegon Dapat Penghargaan Management ASN

- Sabtu, 30 Januari 2021 | 09:56 WIB
Pemkot Cilegon melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) menerima penghargaan dari Ketua KPK, Firli Bahuri (Tengah).
Pemkot Cilegon melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) menerima penghargaan dari Ketua KPK, Firli Bahuri (Tengah).

CILEGON, TOPmedia - Meskipun pandemi Corona virus disease atau Covid-19 belum berakhir, namun hal tersebut tidak menyurutkan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon guna meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat setempat.

Terbukti, dengan didapatkan Penghargaan Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), yang langsung diserahkan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri kepada Pemkot Cilegon yang diwakili Plt Asisten Daerah (Asda) I, Dikrie Maulawardhana yang didampingi Kepala BKPP Kota Cilegon, Heri Mardiana, Jumat (29/1/2021) malam.

"Cilegon menjadi salah satu dari 23 kabupaten/ kota yang menerima penghargaan penerapan sistem merit dengan kategori baik dan sangat baik, penilaian yang dilakukan sampai dengan Desember 2020 ini menetapkan katergori sangat baik ada 2 kota, dan kategori baik 19 kab/kota)," Jelas Heri.

Menurutnya, sistem Merit tersebut merupakan amanat dari UU No. 5 tahun 2015 yang mengamanatkan penerapan sistem merit dalam manajemen ASN, sistem merit merupakan kebijakan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur atau kondisi kecacatan.

"Nah, penilaian ini diawali dengan Sosialisasi Pembinaan Penerapan Sistem Merit di Lingkungan Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten dan Pencanangan Gerakan Membangun Sitem Merit (Gema Si Merit) oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada tanggal 4 Maret 2020 lalu di pendopo Gubernur Banten," terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Penilaian Penerapan Sistem Merit di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon dilakukan melalui Aplikasi SIPINTER (Sistem Informasi Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit) yang terdiri dari 8 aspek penilaian.

"Ada beberapa aspek yang dinilai pada sistem merit ini, yang pertama perencanaan kebutuhan, kedua pengadaa, ketiga pengembangan karir, keempat Promosi dan Mutasi, kelima Manajemen Kinerja, keenam Penggajian, Penghargaan dan Disiplin, ketujuh Perlindungan dan Pelayanan dan yang terakhir Sistem Informasi, keseluruhan aspek ini harus ada dalam sistem merit," tuturnya.

Diketahui, Pemkot Cilegon memperoleh hasil penilaian mandiri dengan angka sebesar 272,5 (baik) yang kemudian diverifikasi oleh KASN dan berdasarkan Keputusan KASN Nomor 71/KEP.KASN/C/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020 Tentang Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon, nilai akhir penerapan sistem merit di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon pada angka 253 (kategori baik). (Firasat/Red)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pemprov Banten Sambut Roadshow Bus KPK di Kota Serang

Jumat, 30 September 2022 | 23:14 WIB

DLH Kota Cilegon Launching Sekolah Adiwiyata

Jumat, 30 September 2022 | 17:28 WIB

Konsentrasi Penurunan Stunting Di Kota Cilegon

Jumat, 30 September 2022 | 16:32 WIB

Lurah Citangkil Himbau Rawat Program DPWKel Salira

Jumat, 30 September 2022 | 16:28 WIB
X