Ini Cara Memasang Set Top Box TV Tabung dan Set Top Box untuk TV Tabung yang Bagus

- Selasa, 10 Mei 2022 | 14:36 WIB
Cara pasang Set Top Box TV Tabung sangat mudah, pastikan Set Top Box dilengkapi fitur DVB T2 dan memiliki sertifikat dari Kominfo
Cara pasang Set Top Box TV Tabung sangat mudah, pastikan Set Top Box dilengkapi fitur DVB T2 dan memiliki sertifikat dari Kominfo

Berikut ini cara memasang Set Top Box TV Tabung dan daftar nama Set Top Box untuk TV Tabung yang bagus agar bisa nonton siaran TV Digital yang memiliki gambar dan suara canggih dan bersih.

Cara memasang Set Top Box TV Tabung sebenarnya sangat mudah, anda hanya memerlukan Set Top Box yang telah dilengkapi fitur DVB T2 yang bisa menangkap siaran TV digital di Indonesia, dan tentunya memiliki sertifikat Kominfo, agar pada saat digunakan, Set Top Box yang anda miliki bagus untuk TV Tabung. Dimana, fungsi Set Top Box adalah untuk menangkap siaran Digital ke perangkat TV Tabung atau sebagai alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara untuk kemudian ditampilkan ke TV Tabung.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara memasang Set Top Box TV Tabung. Pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah, pastikan daerah anda sudah tersedia siaran TV Digital, dengan begitu, Set Top Box bisa berfungsi untuk menangkap siaran TV Digital dan andapun bisa nonton siaran TV Digital di TV Tabung.

Apabila daerah anda sudah tersedia siaran V Digital, langah selanjutnya adalah, anda bisa langsung menghubungkan Set Tob Box dengan TV Tabung dengan menggunakan kabel RCA atau biasa disebut kabel AV. Pastikan jalur kabel RCA dari port Set Top Box menuju port TV Tabung sesuai. Port vido Set Top Box terhubung dengan port video TV Tabung, port audio Set Top Box terhubung dengan port audio TV Tabung, port video dan audio semuanya terhubung menggunakan kabel RCA/AV.

Setelah Set Top Box dan TV Tabung terhubung, anda bisa melanjutkannya dengan menyetting program dan chanel siaran TV Digital di TV Tabung. Isi nama “Negara” dan “Kode Pos” tempat anda berada dengan benar.

Baca Juga: Cara Pasang 1 Set Top Box Untuk 2 TV

Begini Langkah Mudah Cara Memasang Set Top Box TV Tabung

1.    Anda bisa memulainya dengan mengecek apakah di daerah anda sudah mendukung siran TV Digital dengan cara mengecek sinyal digital di wilayah anda melalui pengecekan sinyal digital melalui aplikasi Sinyal TV Digital yang bisa didownload Google Play Store bagi pengguna HP android atau App Store bagi pengguna Iphone.
2.    Pastikan Set Top Box yang anda gunakan telah dilengkapi fitur DVB T2
3.    Pindahkan antena TV UHF yang sebelumnya terpasang di TV Tabung ke port “antena in” Set Top Box.
4.    Hubungkan Set Top Box dengan TV Tabung menggunakan kebel RCA atau kabel AV. Kabel RCA atau kabel AV ini biasanya terdiri dari 3 kabel dengan warna masin-masing, merah, putih dan kuning.
5.    Hubungkan Set Top Box dan TV abung pada pusat sumber arus listrik, lalu nyalakan.
6.    Pilih menu AV pada TV Tabung menggunakan remot TV Tabung.
7.    Tunggu beberapa saat sampai muncul menu setting di layar TV Tabung. Disini anda akan diminta untuk memasukan nama Negara tempat anda saat ini berada, pilih "Indonesia" lalu tekan "OK" menggunakan remote Set Top Box.
8.    Selanjutnya pada menu FTA saja, pilih "SEMUA".
9.    Pilih mode "DVBT2".
10.    Pada menu daya antena pilih "OFF".
11.    Masuk pada menu pencarian siaran, tekan tombol "OK" menggunakan remote Set Top Box, tunggu beberapa saat sampai pencarian sinyal siaran TV Digital di TV Tabung selesai 100 persen.
12.    Setelah seluruh tahan selesai dan sukses, saat ini anda sudah bisa nonton siaran TV Digital di TV Tabung, anda tidak perlu lagi repot-repot mengganti TV Tabung anda dengan TV Digital agar bisa nonton siaran TV Digital, karena TV Tabung juga bisa menampilkan siaran TV Digital dengan menggunakan Set Top Box.
13.    Untuk pindah-pindah chanel, anda bisa menggunakan remote Set Top Box, tidak lagi menggunakan remotet TV tabung seperti selama ini dilakukan.

Untuk diketahui, setiap perangkat televisi digital dan dekoder Set Top Box DVBT2 yang diperdagangkan, dibuat, dirakit, dimasukan dan atau digunakan di wilayah Negara Republik Indonesia, wajib untuk memperhatikan persyaratan teknis dan berdasarkan izin sesuai peraturan perundang-undangan. Persyaratan teknis televisi digital dan Set Top Box diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2019 tanggal 28 Juni 2019 tentang Persyaratan Teknis Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi untuk Keperluan Penyelenggaraan Televisi Siaran dan Radio Siaran. Persyaratan dan proses sertifikasi televisi digital dan Set Top Box dapat diketahui melalui portal e-sertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Halaman:

Editor: Deni Kusuma Wijaya

Sumber: siarandigital.kominfo.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X