Cara Pasang Set Top Box untuk TV LED, Serta Perbedaan Antara Siaran Analog Dengan Siaran Digital

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 15:12 WIB
Cara pemasangan Set Top Box untuk TV LED sebenarnya sangat mudah, cukup hubungkan STB dengan TV LED menggunakan kabel HDMI, lalu setting program channel.(pixabay)
Cara pemasangan Set Top Box untuk TV LED sebenarnya sangat mudah, cukup hubungkan STB dengan TV LED menggunakan kabel HDMI, lalu setting program channel.(pixabay)

Berikut ini cara pasang Set Top Box untuk TV LED, serta perbedaan antara siaran Analog dengan siaran Digital, wajib kamu tahu agar bisa nonton siaran digital di TV Analog. Dengan mengetahui  cara pasang Set Top Box untuk TV LED, diharapkan nantinya anda bisa memasang sendiri Set Top Box di TV LED yang anda miliki. Dimana, Set Top Box disini berfungsi sebagai alat untuk konversi sinyal digital menjadi gambar dan suara untuk selanjutnya ditampilkan di TV LED.

Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai cara memasang Set Top Box di TV LED, ada baiknya sobat TV  terlebih dahulu mengetahui perbedaan antara siaran Analog dengan siaran Digital, yang mana, salah satu perbedaan antara siaran Analog dengan siaran Digital terletak pada pemanfaatan spektrum frekuensi radio sebagai sumber daya alam yang sangat terbatas. Pada sistem siaran Analog, satu kanal frekuensi digunakan untuk menyalurkan satu program siaran TV. Sementara pada sistem siaran digital DVB-T2, satu kanal frekuensi mampu membawa hingga 12 program siaran standard definition (SDTV), yang artinya, terjadi inefisiensi penggunaan spektrum frekuensi radio pada sistem analog. Sebaliknya, terdapat optimalisasi pemanfaatan kanal frekuensi pada sistem digital, selain pada siaran Digital, kualitas gambar dan suara jauh lebih baik dibandingkan siaran Analog. Hal ini dikarenakan pancaran sinyal digital relatif stabil dan tidak menurun, sedangkan pada siaran Analog, kualitas sinyal cenderung menurun ketika lokasi penerimaan semakin jauh dari titik transmisi sehingga menimbulkan noise atau bersemut.

Baca Juga: Cara Pasang Set Top Box di TV Tabung atau TV LED

Cara Pasang Set Top Box untuk TV LED

1. Cek sinyak siaran digital diwilayah anda melalui pengecekan sinyal di aplikasi “Sinyal TV Digital” yang bisa didownload lewat Google Play Store bagi pengguna HP android atau App Store bagi pengguna Iphone.

2. Pindahkan antena TV UHF yang sebelumnya terpasang di TV LED ke port “antena in” pada Set Top Box.

3. Hubungkan Set Top Box dengan TV LED menggunakan kebel RCA atau HDMI. Dianjurkan menggunakan kabel HDMI agar gambar dan suara siaran digital bisa ditampilkan maksimal di TV LED.

4. Hubungkan Set Top Box dan TV LED pada pusat pusat sumber arus tegangan listrik, lalu nyalakan Set Top dan TV LED.

5. Masuk menu setting dengan menggunakan remote TV, pilih menu HDMI pada TV LED.

Halaman:

Editor: Deni Kusuma Wijaya

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X